1 Prajurit TNI Tewas Ditembak KKB Saat Evakuasi Jenazah Nakes

Ilustrasi: TNI Tewas Diserang KKB (Dok.JawaPos.com)
Ilustrasi: TNI Tewas Diserang KKB (Dok.JawaPos.com)
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Jaringanmedia.co.id – Kontak tembak kembali terjadi di Distrik Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua pada Selasa (21/9) kemarin. Penyerangan ini terjadi saat TNI sedang mengevakuasi jenazah suster Gabriella Meilani, tenaga kesehatan yang tewas saat diserang KKB beberapa waktu lalu.

Kapendam XVII/Cenderawasih Kolonel Arm Reza Nur Patria mengatakan, kontak tembak tersebut terjadi saat pasukan TNI-Polri mengamankan lokasi pendaratan helikopter yang mengevakuasi jenazah Suster Gabriella.

“Saat melaksanakan pengamanan bandara yang akan digunakan sebagai jalur evakuasi jenazah Suster Gabriela Meilani, terjadi kontak tembak dengan KST yang menyebabkan satu prajurit terbaik TNI gugur,” kata Reza dalam keterangan tertulis, Rabu (22/9).

Beruntung proses evakuasi tetap bisa dilaksanakan. Saat ini jenazah suster Gabriella dan jenazah prajurit TNI yang gugur sudah berhasil dibawa ke Jayapura.

“Saat ini jenazah Suster Gabriella dan jenazah prajurit yang gugur sudah berhasil dievakuasi ke Jayapura dan selanjutnya dibawa ke RS TK II Marthen Indey,” jelas Reza.

Sebelumnya, kontak tembak kembali terjadi antara Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua dengan TNI pada Senin (13/9). Peristiwa ini pecah di Distrik Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang, sekitar pukul 08.30 WIT.

“Telah terjadi kontak tembak antara Aparat TNI dengan KST Ngalum Kupel,” kata Kapendam XVII/Cenderawasih Letkol TNI Reza Nur Patria saat dikonfirmasi JawaPos.com, Senin (13/9).

Reza menjelaskan, akibat kontak senjata ini, 1 anggota TNI mengalami luka ringan di bagian lengan kanan akibat terserempet peluru. Namun, nyawanya masih bisa diselamatkan.

“Kondisi yang bersangkutan saat ini dalam keadaan baik dan sadar. Saat ini Aparat TNI dan Polri masih bersiaga di sekitar lokasi kejadian untuk melaksanakan penyisiran,” jelasnya.

Selain melukai aparat, KKB juga membakar sejumlah fasilitas umum. Seperti Kantor Kas Bank Papua Kiwirok, Pasar Kiwirok, Puskesmas Kiwirok dan SD Inpres Kiwirok. (jpc/jm)

  • Dipublish : 22 September 2021
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami