17 Varian COVID-19 Sudah Terdeteksi di Indonesia

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

Jaringanmedia.co.id, JAKARTA – Kasus varian baru COVID-19, terus bermunculan. Di Indonesia, sudah terdeteksi sebanyak 17 varian baru. Antara lain B117, B1617 dan B1531. Temuan in berdasarkan hasil penelitian sampel pada Februari hingga April 2021.

“Ini perlu diwaspadai oleh semua pihak. Bahwa penularan kasus varian baru berasal dari transmisi lokal maupun dibawa oleh pekerja migran Indonesia,” kata Juru Bicara COVID-19 Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi di Jakarta, Selasa (4/5).

Dia menyatakan terdapat 13 kasus dari varian B117. Masing-masing berada di Sumatera Utara sebanyak dua kasus. Kemudian, Sumatera Selatan satu kasus, Banten satu kasus, Jawa Barat lima kasus. Selanjutnya di Jawa Timur satu kasus, Kalimantan Timur satu kasus dan Bali dua kasus.

Lima kasus B117 dibawa oleh Pekerja Migran Indonesia (PMI) dari Arab Saudi. Ini terdeteksi di Karawang, Jawa Barat, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur dan Kota Bogor, Jawa Barat.

Sedangkan delapan kasus lainnya berasal dari penularan antarmasyarakat. Yaitu di Tapin, Kalimantan Selatan, Palembang, Sumatera Selatan, Kota Medan, Sumatera Utara, Kabupaten Karawang, Jawa Barat dan Kota Tanjung Balai, Sumatera Utara.

Untuk varian B1617, terdeteksi di Kepulauan Riau sebanyak satu kasus. Lalu, DKI Jakarta dua kasus. Sementara, B1531 terdeteksi di Bali sebanyak satu kasus.

“Satu kasus B1531 yang ditemukan di Bali diambil spesimennya pada tanggal 25 Januari 2021. Pasien ini pada 16 Februari 2021 telah meninggal dunia,” pungkasnya.

Masyarakat diminta tetap waspada dan jangan lengah. Karena itu, disiplin protokol kesehatan menjadi kunci mencegah terjadinya penularan. (fin/jm)

  • Dipublish : 5 Mei 2021
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami