2019, Kunjungan Wisman ke RI Turun 4,67 Persen

Ilustrasi pixabay
Ilustrasi pixabay
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

JAKARTA – Jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) pada November 2019 sebanyak 1,29 juta orang. Jumlah itu turun 4,67 persen dibanding periode bulan sebelumnya.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS), Suhariyanto mengatakan, secara keseluruhan dari Januari hingga November jumlah wisman ke Indonesia mengalami kenaikan.

“(Turun) Ini karena faktor musiman seperti tahun sebelumnya. Tapi secara tahunan jumlah wisman ada peningkatan,” kata dia di Jakarta, kemarin (2/1).

Dia merinci, periode Januari hingga November 2019 jumlah wisman ke Tanah Air mencapai 14,92 juta kunjungan atau naik 3,55 persen dibandingkan jumlah kunjungan wisman periode tahun lalu yang berjumlah 14,40 juta kunjungan.

Untuk jumlah kunjungan wisman ke Indonesia yang datang melalui pintu masuk udara pada November 2019 mengalami kenaikan sebesar 8,73 persen dibanding jumlah kunjungan pada bulan yang sama tahun sebelumnya.

Kenaikan jumlah kunjungan juga terjadi melalui pintu masuk laut pada November 2019 mengalami kenaikan menjadi 364,09 ribu kunjungan atau naik dibanding November 2018 yang mencapai 259,93 ribu.

Sementara wisman yang berkunjung melalui pintu masuk darat pada November 2019 mengalami penurunan sebesar 18,30 persen atau menjadi 148,17 ribu kunjungan dari sebelumnya di bulan yang sama tahun lalu 181,35 ribu kunjungan.

Adapun kunjungan wisman yang datang ke Indonesia paling banyak berasal dari Malaysia sebanyak 252,5 ribu kunjungan, diikuti Singapura 177,0 ribu kunjungan, Cina 147,5 ribu kunjungan, Australia 116,5 ribu kunjungan, dan Timor Leste 83,1 ribu kunjungan.

Terkait kunjungan wisman mengalami penurunan, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama Kusubandio sebelumnya mengatakan telah gagak mendatangkan 18 juta wisman pada tahun ini.

Target 18 juta wisman diberikan oleh Presiden Joko Widodo kepada Kementerian Pariwisata yang saat itu masih dipimpin oleh Arief Yahya-dan belum disatukan dengan Badan Ekonomi Kreatif.

Kendati kunjungan mengalami penurunan, tahun 2020, Wishnutama akan menarik minat wisman lebih banyak lagi ke Indonesia dengan memperkenalkan 10 destinasi yang di dalamnya aa lima destinasi super prioritas yakni Danau Toba, Labuan Bajo, Borobudur, Mandalika dan Likupang.

“Dalam waktu dekat ini kami akan keliling ke lima destinasi prioritas. Melihat lebih dekat perkembangannya, karena sekarang baru lihat laporannya. Kami ingin tahu lebih dekat apa sih yang diperlukan, apa tantangan pengembangannya,” ujar Wishnutama.

(fin)

  • Dipublish : 3 Januari 2020
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami