Surat Bebas Covid-19 Djoko Tjandra juga Dikendalikan Brigjen Prasetijo

Kadiv Humas Polri Irjen Pol Argo Yuwono mengatakan, dalam penerbitan surat bebas Covid-19 Djoko Tjandra, Brigjen Prasetijo memanggil dokter ke ruangannya. (Antara Photo)
Kadiv Humas Polri Irjen Pol Argo Yuwono mengatakan, dalam penerbitan surat bebas Covid-19 Djoko Tjandra, Brigjen Prasetijo memanggil dokter ke ruangannya. (Antara Photo)
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

JAKARTA – Brigjen Pol Prasetijo Utomo (BJPU) ternyata memiliki peran vital dalam lolosnya buronan kelas kakap Djoko Tjandra. Selain menerbitkan surat jalan, dia pun yang mengendalikan pembuatan surat bebas Covid-19 yang dikeluarkan oleh Pusdokkes Polri.

Kadiv Humas Polri Irjen Pol Argo Yuwono mengatakan, dalam penerbitan surat bebas Covid-19, Prasetijo memanggil dokter ke ruangannya. Di sana dokter tersebut diminta memeriksa kesehatan dua orang yang tidak dia kenal.

“Setelah dokter itu dilakukan pemeriksaan sementara oleh propam, memang benar jadi dokter tadi dipanggil oleh BJPU, kemudian di ruangannya sudah ada dua orang yang tidak dikenal sama dokter ini,” kata Argo kepada wartawan, Jumat (17/7).

Dokter tersebut pun melakukan pemeriksaan kesehatan dengan metode rapid test. “Setelah rapid dinyatakan negatif kemudian dimintakan surat keterangannya. Itu sebatas itu,” jelas Argo.

Namun, saat dimintai keterangan oleh Divpropam Polri, dokter tersebut mengaku tidak tahu jika yang diperiksanya adalah Djoko Tjandra atau bukan. “Jadi dokter tidak mengetahui tetapi disuruh membuat namanya ini, untuk membuat namanya JC (Joko Candra),” pungkas Argo.

Nantinya, Divpropam akan meminta keterangan Prasetijo terkait penerbitan surat bebas Covid-19 itu. Saat ini pemeriksaan belum dilakukan, karena Prasetijo tengah dirawat di Rumah Sakit Polri Kramatjati, Jakarta Timur, dengan diagnosis tekanan tensi tinggi.

Sebelumnya, setelah beredar surat jalan, dan penghapusan red notice, kali ini publik kembali digegerkan dengan surat keterangan bebas Covid-19 Djoko Tjandra yang diduga dikeluarkan oleh Pusdokkes Polri.

Surat keterangan bebas Covid-19 ini teregister dengan nomor Sket Covid-19/1561/VI/2020/Setkes. Dalam surat keterangan tersebut, pemeriksaan terhadap Djoko Tjandra dilakukan pada 19 Juni 2020. Surat ditandatangani oleh dr. Hambektanuhita lengkap dengan stempel Pusdokkes Polri. (jp)

  • Dipublish : 17 Juli 2020
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami