241 WNI Berhasil Tiba di Batam, 4 Orang Menolak Dievakuasi

FOTO: FAISAL R. SYAM / FAJAR INDONESIA NETWORK.
FOTO: FAISAL R. SYAM / FAJAR INDONESIA NETWORK.
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BATAM- Proses evakuasi Warga Negara Indonesia (WNI) dari Wuhan-Cina,  berjalan lancar. Sebanyak 241 berhasil tiba di tanah air dengan selamat. Pesawat Batik Air yang yang ditumpangi WNI mendarat di Bandara Nadim, Batam pada Minggu (2/2) pagi sekitar pukul 08.55 WIB.

Seterusnya mereka berpindah pesawat milik TNI Angkatan Udara (AU) untuk menuju Natuna Kepulauan Riau (Kepri) untuk menjalani proses karantina.  Kesemua WNI dipastikan dalam kondisi sehat.

“Alhamdullillah, sampai saat ini 241 WNI yang akan kembali semua dalam kondisi sehat.. Dan protokol kesehatan akan terus diterapkan secara disiplin. Bismillah,” tulis Menteri Luat Negeri, Retno dikutip akun Instagramnya. Minggu (2/2).

Sedianya, ada sebanyak 245 WNI yang akan dievakuasi. Namun ada sekitar 4 orang lainnya menolak untuk kembali ke Indonesia. Mereka lebih memilih bertahan di Negeri Tirai Bambu itu. Pelaksana Tugas Juru Bicara Kemenlu, Teuku Faizasyah mengatakan, proses kepulangan WNI dilakukan sukarela.

Ia menjelaskan, permintaan untuk tetap bertahan merupakan  kehendak empat orang WNI tersebut. Metode penjemputan ini tak memaksakan mereka untuk harus pulang ke Indonesia. Namun begitu. dia tidak bisa memastikan kondisi kesehatan ke 4 orang tersebut.

“Sebelumnya sudah disampaikan bahwa pemulangan oleh pemerintah bersifat sukarela. Masing-masing yang pulang juga sudah diberikan informasi mengenai hal ini, jadi mereka yang memutuskan dengan pertimbangan masing-masing. Saya tegaskan masing-masing WNI yang diinfokan opsi pemulangan ini juga sudah memahami sifat yang sukarela ini,” ujarnya. (dal/fin).

  • Dipublish : 3 Februari 2020
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami