3 Cara Hindari Jerawat Karena Penggunaan Masker Tiap Hari

ILUSTRASI. Penggunaan masker ternyata bisa menimbulkan masalah kulit seperti jerawat. (Pop Sugar)
ILUSTRASI. Penggunaan masker ternyata bisa menimbulkan masalah kulit seperti jerawat. (Pop Sugar)
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

Hidup di tengah pandemi Covid-19 mengharuskan setiap orang mengenakan masker ketika beraktivitas keluar rumah. Bagi pekerja, tentunya masker harus digunakan setiap hari. Tapi, penggunaan masker bisa sebabkan timbulnya jerawat lho.

Yup, mengenakan masker yang terlalu lama dan ketat bisa menimbulkan jerawat. Seperti penelitian yang diungkap dalam Journal of American Academy of Dermatology, 83 persen pekerja kesehatan di Hubei, China, menderita masalah kulit pada wajah.

Sedangkan, Dermatologis di Manhattan, dr. Whitney Bowe mengungkapkan, penggunaan masker bisa memperburuk masalah kulit. Seperti jerawat. Sebab, penggunaan masker membuat udara di sekitar kulit terasa lebih panas dan lembap.

Lantas bagaimana menghindari jerawat dari penggunaan masker? Setidaknya ada 3 langkah yang bisa dilakukan guna meminimilasi timbulnya jerawat.

1. Bahan Masker dari Katun

Masker kain memang dianjurkan guna melindungi dari penularan Covid-19. Nah, dalam memilih masker kain, cobalah pilih material katun. Sebab dikatakan bisa membuat kulit lebih bernapas. Lalu, rajinlah mengganti masker agar tetap bersih.

“Anda perlu memperlakukannya seperti pakaian dalam dan sering-sering mencucinya,” kata Dr. Candrice Heath, asisten profesor dermatologi di Sekolah Kedokteran Lewis Katz di Universitas Temple.

2. Tidak berlebihan Menggunakan Skin Care

Jika menggunakan masker, usahakan tidak terlalu brlebihan mengaplikasikan skin care. Cukup pakai pemebersih wajah dan pelembap yang ringan. Nantinya, pelembap bisa berfungsi ganda. Yakni melindungi kulit dari gesekan selain melembapkan.

3. Hindari make-up

Untuk sementara hindari dulu penggunaan make-up. Pakailah tabir surya setelah pelembap. Dokter Kulit di New York, dr Shari Marchbein menyarankan, gunakan pembersih lembut seperti micellar water untuk membersihkan muka.

Jika kulit sudah berjerawat, cobalah pakai peroksida benzoyl hanya di area wajah yang terkena jerawat. Bisa dengan konsentrasi 2,5 atau 5 persen, bukan 10 persen. (jp)

  • Dipublish : 19 Juni 2020
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami