3 Cara Aman Ganti Ban Mobil yang Kempis

ilustrasi. pixabay
ilustrasi. pixabay
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

JaringanMedia.co.id, JAKARTA – Penggantian ban yang kempis atau bocor sejatinya bisa dilakukan sendiri dengan menggunakan dongkrak. Namun, pengguna mobil harus memperhatikan saat ingin mengganti ban tersebut. Brand Ambasador PT Mitsubishi Motor Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Rifat Sungkar ada beberapa hal yang harus diperhatikan jika ingin mengganti ban bocor atau kempis menggunakan dongkrak.

Pertama, Rifat Sungkar menyarankan ketika ban pecah, perhatikan kendaraan harus berada di tempat yang rata. “Jika jalan itu nanjak dikit hindari begitu juga turunan. Kenapa? Dongkrak biasa nempel ke permukaan sedikit, gerak sedikit dongkrak jatuh,” ujar Rifat pada saat jumpa pers melalui video virtual, Selasa (21/12).

Kedua, lanjut dia, rem tangan dipakai. Kemudian pindahkan transmisi ke D (automatic) dan masuk gigi 1 (manual).

“Untuk menghindari agar tidak ada pergerakan sama sekali,” tutur dia. Ketiga keluarkan semua peralatan seperti dongkrak, putaran dongkrak, kunci roda, ban serep, dan taruh di sebelah ban yang pecah.

“Kemudian posisikan dongkrak di kolong bagian pelipir tulang. Posisinya kira-kira sambungan tulang,” ungkapnya.

“Kalau tidak satu jengkal dari sepatbor. Belakang juga begitu usahakan satu jengkal dari spakbor,” sambung Rifat.  Dia mengingatkan saat mobil belum naik, biarkan dongkrakdi tempatnya, setelah itu kendorkan baut roda. Cara membuka selalu ban itu, dia juga menjelaskan dengan cara disilang. Jangan searah jarum jam. “Mirip huruf x. Selesai dikendorin naikin dongraknya. Setelah itu ambil ban serep,” kata Rifat Sungkar.

Dia juga mengingakan agar tidak lupa memasang rambu segitiga untuk memberitahu pengguna jalan lain posisi kendaraan Anda sedang diperbaiki. (jpnn/jm)

  • Dipublish : 22 Desember 2021
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami