4 Kebiasaan Menyikat Gigi Ini Justru Timbulkan Masalah Bau Mulut

ilustrasi pixabay
ilustrasi pixabay
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Jaringanmedia.co.id – MENYIKAT gigi secara bersih merupakan kewajiban setiap orang agar gigi dan mulut terhindar dari masalah kesehatan. Namun, kebiasaan yang Anda lakukan saat menyikat gigi mungkin tanpa kamu sadari bisa timbulkan masalah kesehatan dan bau mulut. Berikut ini penjelasannya, seperti dilansir laman Genpi.co.

1. Salah memilih sikat gigi

Kesalahan dalam memilih sikat gigi bisa merusak gigi. Bulu sikat yang keras atau sedang bisa mengikis lapisan gigi yang sehat.

2. Menggunakan pasta gigi anti-sensitivitas atau pemutih permanen 

Kesalahan umum lainnya adalah menggunakan pasta gigi yang mengandung obat untuk gigi sensitif. Pasta gigi untuk gigi sensitif memang mampu menghilangkan gejala seperti ngilu, tetapi tidak bisa mengatasi masalah tersebut dan rentan membuat gigi berlubang, penyakit gusi dan bau mulut.

Komponen utama dari pasta gigi khusus untuk gigi sensitif adalah mengobati sensitivitas dan mencerahkan warna gigi.

Pasta gigi jenis ini sebenarnya tidak masalah asalkan penggunaannya dalam jumlah yang tepat. Pasta gigi sensitif dimaksudkan untuk digunakan selama jangka waktu yang ditentukan dan pasta gigi pemutih harus digunakan di bawah pengawasan untuk mencegah potensi kerusakan pada gigi Anda.

Pasta gigi harus melindungi gigi dan gusi Anda, jadi gunakan kombinasi yang mengandung fluoride yang mampu melindungi gigi dari kerusakan dan yang memiliki sifat antibakteri untuk mencegah penyakit gusi dan bau mulut.

3. Menyikat terlalu cepat atau terlalu sering

Pastikan menyikat gigi tidak lebih dari dua kali sehari. Menyikat gigi secara berlebihan bisa merusak gusi dan enamel atau email gigi. Tidak perlu banyak tekanan untuk menghilangkan plak, oleh karena itu sebagian besar praktisi gigi menyarankan menyikat gigi dengan tekanan yang seimbang.

4. Teknik menyikat gigi yang salah

Menyikat gigi harus vertikal, tetapi kebanyakan orang terbiasa melakukan sapuan sikat secara horizontal panjang. Ini bisa menyebabkan iritasi dan kerusakan. Pegang sikat pada sudut 45 derajat ke gusi. Gosok gusi dan gigi Anda dengan gerakan naik turun serta sapuan pendek. Jangan menyikat gigi dengan sapuan dari sisi ke sisi. Mulailah juga menyikat area yang selama ini sering diabaikan dan capai bagian dalam gigi.(genpi/jpnn)

video terkait: 

  • Dipublish : 16 Agustus 2021
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami