5 Cara Mudah dan Sederhana Hindari Penularan Virus Korona

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

irus Korona asal Wuhan, Tiongkok, atau kini dikenal dengan COVID-19, menghantui masyarakat dunia. Jumlah penderita dan kasus meninggal terus bertambah setiap hari. Namun, secara umum, sebetulnya penularan virus ini bisa dicegah dengan cara-cara sederhana dimulai dari diri sendiri.

Kunci dari mencegah penularan virus adalah menjaga daya tahan tubuh agar lebih kuat. Sistem kekebalan yang lebih kuat bisa membuat penyakit enggan mendekat dan mempercepat masa pemulihan.

Dilansir dari Mirror, Senin (17/2), para ahli menawarkan cara mudah untuk mencegah flu dan berbagai jenis virus. Di antaranya,

1. Makan Bernutrisi

Makan lebih banyak serat dan diet kaya buah segar, sayuran, biji-bijian dan lemak sehat akan menjaga sistem kekebalan tubuh. Makanan kaya antioksidan termasuk buah beri, bawang putih, dan bawang bombay juga merupakan pilihan cerdas. Menjaga tubuh terhidrasi juga baik. Maka minumlah satu atau dua liter air sehari.

Air dapat membuang racun dan membantu membawa oksigen ke seluruh tubuh. Tambahkan irisan lemon untuk pencegahan ekstra.

Teh hijau juga bisa manjur karena kaya akan senyawa tanaman dan antioksidan yang meningkatkan kekebalan tubuh. Bahkan keajaiban puasa juga bisa membuat tubuh lebih sehat. Penelitian pada tikus menunjukkan puasa selama sepuluh jam membuat sel-sel pelindung kita lebih kuat.

2. Olahraga

Berkeringat ringan juga menjaga sistem kekebalan tubuh kita dalam kondisi prima. Studi menunjukkan bahwa berjalan kaki setengah jam secara teratur meningkatkan sirkulasi sel-sel kekebalan tubuh.

Cara inu juga dapat membantu menghilangkan bakteri di tubuh dan menurunkan tingkat stres. Sehinyga bonusnya dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

3. Cukup Tidur

Kurang tidur bisa merusak pertahanan tubuh. The Washington Sleep Disorders Clinic mempelajari mereka yang kurang tidur memiliki kekebalan tubuh yang lebih lemah. Direktur Nathaniel Watson merekomendasikan seseorang mendapatkan tidur tujuh jam setiap malam.

4. Asupan Vitamin

Profesor Richard Mellanby, dari Pusat Penelitian Peradangan Universitas Edinburgh, mengatakan vitamin D memainkan peran penting dalam mengatur sel-T, yang merupakan kunci untuk memerangi penyakit. Vitamin D dibuat secara alami oleh sinar matahari.

Dan di usia paruh baya, kemampuan kita untuk membuatnya sendiri mulai menurun. Jadi minum dosis harian lebih baik. Charles Bangham, profesor imunologi di Imperial College London, mengatakan jika memang kekurangan gizi atau memiliki penyakit yang melemahkan sistem kekebalan tubuh penting untuk mengonsumsi suplemen makanan. Namun lebih baik didapat dari sayur dan buah.

5. Jaga Kebersihan

Ilmuwan Pusat Kesehatan Nasional (NHS) Inggris mengatakan bahwa cara terbaik yang dapat kita lakukan untuk menolong diri sendiri adalah dengan mengikuti aturan kebersihan dasar. Jadi, cuci tangan secara teratur dengan sabun dan cobalah untuk tidak menyentuh mata, hidung, dan mulut saat tangan kotor.

Pakai masker saat flu, dan hindari kontak dekat dengan orang yang sakit. Masker wajah memberikan sedikit perlindungan. (jp)

  • Dipublish : 17 Februari 2020
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami