56 Rekor Pecah di PON Papua, Menpora: Modal Olimpiade Paris 2024

Menpora Zainudin Amali (Istimewa)
Menpora Zainudin Amali (Istimewa)
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Jaringanmedia.co.id – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengaku gembira Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua berjalan aman dan lancar hingga hari penutupan. Di sisi lain, ajang ini mencatatkan sejumlah rekor olahraga nasional dan internasional.

“Bisa dibayangkan di tengah-tengah pandemi ada 56 pemecahan rekor,” kata dia, Jumat (15/10).

Adanya penciptaan rekor tersebut menunjukan adanya keseriusan dari para kontingen dan atlet di 34 provinsi dalam mengikuti ajang multi event olahraga tertinggi tingkat nasional ini.

“Itu berarti semangat kontingen untuk menunjukkan dirinya dia sudah persiapkan lama mereka mampu. Walaupun saya awalnya tidak berekspektasi ada pemecahan rekor. Ternyata sampai dengan hari ini ada pemecahan rekor di atletik, renang kemudian selam, menembak dan lainnya,” tutur dia.

Adapun hal membuat Amali senang adalah cabang-cabang olahraga yang mencatatkan rekor tersebut adalah cabang olahraga unggulan dalam Desain Besar Olahraga Nasional (DBON). Oleh karena itu, Amali memastikan PON XX ini menjadi ajang untuk memantau bakat dan bibit atlet yang akan ditempatkan di Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas) dan Olimpiade Paris 2024.

“Jadi kita menempatkan PON ini sebagai tempat untuk pemantauan bakat dan talenta yang nantinya akan mengisi pelatnas dan memperkuat tim nasional kita,” ujarnya.

Amali yang sudah melakukan pemantauan pertandingan di sejumlah venue mengaku telah melihat secara langsung atlet berbakat yang usianya masih muda-muda atau di kisaran 17-20 tahun.

“Saya keliling ke venue tempat pertandingan banyak atlet yang bermunculan yang baru. Bahkan ada yang usia 17-20 tahun. Ini harapan kita ke depan bahwa kita bisa dapat talenta,” harapnya. (jpc/jm)

  • Dipublish : 15 Oktober 2021
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami