7 Manfaat Rutin Konsumsi Daun Pepaya, Salah Satunya Redakan Nyeri Haid

(Style Craze)
(Style Craze)
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

JaringanMedia.co.id – Selama ini banyak orang menghindari mengonsumsi daun pepaya karena rasanya yang pahit. Padahal, daun pepaya mengandung beberapa manfaat menguntungkan bagi tubuh. Berikut ini penjelasannya, seperti dilansir laman Genpi.co.

1. Melawan diabetes

Penyakit yang disebabkan karena tubuh kelebihan glukosa ini merupakan salah satu penyakit yang mengerikan. Bagi penderita diabetes, kamu juga bisa memanfaatkan daun pepaya sebagai obai melawan diabetes.  Ternyata daun pepaya mengandung antiokidan yang melimpah yang baik untuk mencegah kelebihan glukosa dalam aliran darah. Selain itu, sumber antioksidan tersebut juga bisa mengurangi kerusakan organ, saraf, dan luka yang diderita oleh penderita diabetes.

2. Meningkatkan kekebalan tubuh

Daun pepaya memiliki manfaat sebagai obat untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Jika daun buah pepaya dibuat jus, khasiatnya bisa melawan infeksi virus seperti virus flu atau radang pada tenggorokan. Manfaat lainnya setelah mengonsumsi jus daun pepaya adalah bisa meregenerasi sel-sel darah putih dan trombosit secara alami.

3. Mengatasi tekanan darah tinggi

Memiliki rasa yang pahit, ternyata daun pepaya sangat efektif digunakan untuk menurunkan demam serta mengatasi tekanan darah tinggi. Kamu bisa mengonsumsi daun pepaya dalam bentuk hidangan apapun untuk mengurangi rasa pahit pada daun tersebut.

4. Meredakan nyeri saat haid

Pada sebagian wanita, mengalami nyeri perut saat haid merupakan hal yang wajar. Namun, rasa nyeri yang seringkali timbul ini membuat aktivitas pun menjadi terhambat. Ternyata kandungan daun pepaya yang dikenal pahit ini bisa meradakan nyeri saat haid. Caranya dengan merebus satu lembar daun pepaya mentah, air, asam jawa, dan garam. Kemudian minum ramuan tersebut dalam keadaan hangat.

5. Memperlancar ASI

Bagi wanita yang sedang menyusui, mempunyai ASI yang lancar tentunya merupakan kebahagiaan tersendiri bagi ibu dan bayi. Untuk memperlancar ASI, bisa mencoba cara alami, salah satunya dengan memanfaatkan daun pepaya. Caranya dengan menggunakan lima lembar daun pepaya yang diletakkan di atas api hingga layu. Kemudian tempelkan pada bagian payudara, kecuali pada puting saat masih hangat.

6. Menghilangkan jerawat

Memiliki kulit wajah yang mulus dan bebas jerawat merupakan impian semua orang, terlebih para wanita. Jika ragu menggunakan produk masker wajah yang belum tentu alami, kamu bisa memanfaatkan daun pepaya sebagai bahan utama masker wajah untuk menghilangkan jerawat. Caranya dengan menumbuk dua lembar daun pepaya tua yang sudah di jemur sebelumnya. Campurakan air hangat pada tumbukan tersebut, kemudian oleskan pada muka yang berjerawat selama kurang lebih 20-30 menit. Kemudian bilas dengan air bersih. Kamu bisa mengulangi cara tersebut minimal 2 sampai 3 kali dalam seminggu guna mendapatkan hasil yang optimal.

7. Mencegah penyakit kanker

Kanker juga merupakan salah satu penyakit yang paling ditakutkan karena berpotensi hingga kematian. Untuk mencegah penyakit kanker, manfaat dari daun pepaya bisa mengatasinya. Pada batang daun pepaya ternyata mengandung getah putih seperti susu, getah inilah yang berpeluang dikembangkan sebagai zat antikanker. Getah ini secara otomatis akan ikut terkonsumsi ketika kamu memakan daun pepaya dalam hidangan apapun.(genpi/jpnn)

  • Dipublish : 26 April 2021
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami