90 Persen Wilayah di Jatim Zona Merah

Peta zonasi Covid-19 di Jawa Timur. (Dinas Kesehatan Jawa Timur)
Peta zonasi Covid-19 di Jawa Timur. (Dinas Kesehatan Jawa Timur)
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

JaringanMedia.co.id –Per Selasa (20/7), sebanyak 33 kabupaten/kota di Jawa Timur dinyatakan sebagai zona merah. Artinya, ada lebih dari 90 persen wilayah di Jatim zona merah.

Daerah-daerah itu adalah Surabaya, Sidoarjo, Banyuwangi, Jember, Kota Malang, Gresik, Jombang, Ponorogo. Kemudian Magetan, Trenggalek, Nganjuk, Tuban, Malang, Bangkalan, Pacitan, dan Tulungagung.

Selain itu, Kabupaten Trenggalek, Ngawi, Lumajang, Situbondo, serta Probolinggo. Lalu Kabupaten Pacitan, Lamongan, Mojokerto, Bojonegoro, Bondowoso, dan Sumenep. Kemudian Kota Madiun, Kota Blitar, Kota Mojokerto, Kota Pasuruan, Kota Batu, Kota Kediri.

Sementara itu, ada 5 wilayah masuk zona oranye. Yakni Sampang, Pamekasan, Kota Probolinggo, Kota Blitar dan Sumenep.

Dia menjelaskan, peta zonasi merah itu berdasar 15 indikator epidemiologi yang dihitung mingguan. ”Dalam 1 minggu terakhir kasus naik signifikan. Salah satu penyebabnya adalah sampel yang diperiksa naik 3 kali lipat,” terang Makhyan Jibril.

Dari peningkatan kasus itu, menurut dokter muda lulusan S2 di bidang healthcare internshio di King College University, London, itu berharap agar perpanjangan PPKM darurat sampai 26 Juli dapat membuat penurunan kasus Covid-19.

”Angka itu kan dihitung day by day. kasus tanggal 14 Juli ada 8.230. Beberapa hari terakhir ini 4–5 ribu,” ujar Makhyan Jibril.

Dia juga berharap agar penanganan Covid-19 konsisten dan bisa memutus mata rantai Covid-19 di Jawa Timur. (jpc/jm)
  • Dipublish : 22 Juli 2021
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami