Adnan ke DLH: Pohon Rawan Tumbang Segera Ditebang

Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan Y.L. (antara)
Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan Y.L. (antara)
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Jaringanmedia.co.id — Menghadapi cuaca ekstrim di awal November 2021 ini, Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mulai menginstruksikan Satgas Dinas Lingkungan Hidup untuk melakukan pemangkasan terhadap seluruh pohon yang tumbuh berjejer di pinggir jalan raya. Khususnya terhadap pohon-pohon yang berpotensi tumbang.

Sejak hujan hampir mengguyur setiap hari dan disertai angin kencang membuat bupati Gowa tidak ingin terjadi lagi kejadian pohon tumbang dan menelan korban jiwa. Seperti terjadi beberapa hari lalu di wilayah poros Pallangga.

”Dalam pekan ini sudah ada belasan pohon besar tumbang di pinggir jalan dan di area fasum. Salah satu pohon itu tumbang menimpa selasar salah satu koridor dalam RSUD Syekh Yusuf. Bahkan karena hantaman angin kencang, jendela kaca RSUD berlantai tujuh ini hancur berantakan sejak Kamis lalu,” jelas Adnan.

Sejak cuaca ekstrim beberapa hari ini, sudah ada 15 pohon tumbang. Jumlah ini belum termasuk yang tumbang di luar Sungguminasa. ”Karena itu, masyarakat saya minta agar selalu waspada baik saat berada di rumah, di jalanan (berkendara) maupun di mana saja. Sebab, cuaca ekstrim sewaktu-waktu terjadi,” tambah Adnan, Jumat (5/11/).

Adnan mengakui, cuaca ekstrem ini merupakan dampak dari badai Lanina. Ia pun telah meminta kepada seluruh jajaran SKPD untuk mengantisipasi kejadian ini sebelum dampak yang ditimbulkan semakin parah.

”Jadi yang memang sudah miring dan rawan untuk tumbang segera ditebang saja. Saya sudah instruksikan jauh-jauh hari. Dan sekarang ini, dalam setiap hari lebih dari 10 pohon yang dipangkas dan ditebang jajaran Dinas LH,” kata Adnan.

Ke depan, tambah Adnan, direncanakan mengganti seluruh pohon yang ada di sejumlah ruas jalan di Kabupaten Gowa dari yang sebelumnya berjenis Trembesi diganti dengan pohon yang berakar lebih kuat.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gowa, Azhari Azis, mengatakan, sejak siang dirinya langsung mengarahkan anggotanya untuk turun ke lapangan melakukan penanganan terhadap beberapa pohon yang tumbang di sejumlah titik. (bkm/jm)

  • Dipublish : 8 November 2021
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami