Alhamdulilllah, Dana BOS Madrasah Cair

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

JAKARTA – Kementerian Agama (Kemenag) mulai mencairkan bantuan operasional sekolah (BOS) bagi madrasah swasta senilai Rp3,6 triliun terhitung sejak Rabu (31/3/2021).

“Insya Allah, tidak kurang dari Rp 3,6 triliun dana BOS bagi madrasah swasta akan mulai dikucurkan besok pagi,” kata Direktur Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan Madrasah Kemenag A. Umar dalam keterangannya di Jakarta, Kamis (1/4/2021).

Umar mengatakan, bahwa pencairan dana BOS saat ini akan diberikan secara langsung dari pusat. Mekanisme penyaluran itu berbeda dari tahun sebelumnya yang melalui Kantor Kemenag tingkat kabupaten, kota atau provinsi.

“Melalui mekanisme baru ini, kami berharap penyaluran dana BOS diawasi dengan baik. Kami juga meminta agar madrasah dapat memanfaatkan dana BOS secara optimal,” ujarnya.

Selain itu, Umar juga meminta agar dana BOS digunakan untuk menunjang proses pembelajaran dan prestasi para siswa. Dia juga mengingatkan, pihak madrasah tak mengabaikan peran penting para operator di setiap madrasah.

“Saya mohon dengan hormat, para kepala madrasah kami titip satu, yaitu dana bos ini betul-betul habis tapi bermanfaat,” tegasnya.

Sementara itu, pihaknya telah memberlakukan mekanisme digital, baik dalam sistem penanganan maupun pelaporan. Nantinya, kata Umar, pelaporan hasil penggunaan dana BOS dilakukan lewat aplikasi yang terintegrasi.

“Sistem pelaporan tidak lagi dilaksanakan secara manual. Tapi sudah menggunakan aplikasi digital. Ini salah satu inovasi kita untuk memperbaiki tata kelola madrasah,” pungkasnya. (der/fin)

  • Dipublish : 1 April 2021
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami