Anda Salah Paham Soal Fungsi Amandel

Pixabay
Pixabay
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

JAKARTA – Kebanyakan dari kita mungkin hanya mengenali Amandel, sebagai akibat dari kebiasaan seseorang, mengkonsumsi makanan atau minuman dingin.

Padahal pada kenyataannya, amandel ternyata didesain dengan fungsi yang cukup vital. Dan menurut U.S. National Library of Medicine, amandel sendiri sebenarnya adalah bagian dari sistem limfatik yang berfungsi memerangi infeksi.

Dua gumpalan yang terletak di belakang anak lidah ini, adalah garda pertahanan terdepan dari ancaman, seperti virus dan bakteri, baik yang menyusup lewat mulut ataupun hidung.

Selain di atas, amandel juga memiliki fungsi lain, yakni sebagai peringatan kepada sistem kekebalan tubuh, untuk sesegera mungkin memproduksi antibodi, untuk menghadapi ancaman eksternal.

Sayangnya, amandel bukan tanpa masalah. Seperti dilansir Women’s Health, ketika kerjanya sudah melebihi beban, amandel justru bisa memicu masalah kesehatan lainnya, dan beberapa di antaranya cukup merepotkan.

Sebut saja tonsilitis (radang amandel) atau pembengkakan pada amandel dan bau mulut atau hasilotis, yang disebabkan oleh batu amandel, adalah beberapa masalah umum yang seringkali ditemukan di masyarakat.

Kalo sudah begitu, penderitanya akan kesulitan untuk menelan tidak hanya makanan, namun juga minuman. Mengorok pun terkadang sulit untuk dihindari dalan situasi ini.(ruf/fin)

  • Dipublish : 8 Oktober 2019
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami