Anggota DPR Minta Warna Seragam Satpam Mirip Polisi Dipertahankan

(JULIADI/ RADAR BALI)
(JULIADI/ RADAR BALI)
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

 JaringanMedia.co.id – Karena mirip dengan warna seragam dengan anggota polisi, Polri bakal mengganti warna seragam Satuan Pengamanan (Satpam). Yaitu dari seragam sebelumnya cokelat muda menjadi warna krem.

Menanggapi hal tersebut, Anggota Komisi III DPR RI Habiburokhman meminta agar warna seragam Satpam yang mirip dengan Polri untuk tetap dipertahankan. Sehingga dia meminta agar Polri mengkaji ulang untuk mengubah warna seragam Satpam tersebut.

“Jadi sebetulnya menurut saya bagus sekali seragam Satpam yang saat ini,” ujar Habiburokhman kepada wartawan, Jumat (14/1).

Karena itu, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra ini mengaku saat rapat kerja antara Komisi III DPR dengan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo dirinya akan mengusulkan agar warna seragam Satpam saat ini untuk bisa dipertahankan.

“Saya dalam rapat kerja minggu depan dengan Kapolri saya akan minta seragam Satpam saat ini bisa dipertahankan,” tuturnya.

Lebih lanjut Habiburokhman mengaku sampai saat ini dirinya belum mendapatkan aduan masyarakat mengenai abuse of power yang dilakukan oleh Satpam yang seragamnya mirip dengan anggota Polri.

“Kan saya juga tidak mendapatkan informasi adanya abuse of power seragam Satpam itu. Enggak ada Satpam meras-meras, Satpam nilang-nilang, itu kan enggak ada. Jadi sudah bagus ini, justru harus dipertahankan bahkan dibikin lebih mirip lagi kalau perlu. Ada tanda pengenalnya, kasih pangkatnya, komandan satpam atau apa, kan masyarakat makin cerdas,” katanya.

Habiburokhman berujar, warna seragam Satpam yang mirip dengan anggota Polri akan memberikan efek psikologis masyarakat taat terhadap hukum. Pasalnya kata dia, kultur masyarakat di Indonesia belum ada kesadaran untuk mematuhi hukum.

“Contoh, jangankan seragam Satpam kita bikin mirip polisi, itu polisi di mana-mana bikin patung, patung mobil, patung polisi supaya orang berhati-hati ya kan. Banyak kan kalau Anda lihat ke luar kota di pinggir-pinggir jalan patung polisi. Jadi yang dari batu saja kita bikin mirip polisi, kenapa enggak. Di komplek-komplek perumahan ketika satpamnya berpakaian seperti polisi lebih aman, lebih aman,” ungkapnya.

Sebelumnya, Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Ahmad Ramadhan mengatakan pihaknya tengah memproses perubahan warna seragam Satpam dari warna cokelat muda ke warna krem. Menurut Ramadhan, perubahan ini dilakukan karena warna seragam Satpam terlalu mirip Polri sehingga membingungkan masyarakat.

Ramadhan menuturkan, perubahan warna seragam Satpam menjadi krem akan dikenalkan saat hari ulang tahun (HUT) Satpam yakni pada bulan Desember. Nantinya, pemberlakukan penggunaan seragam baru Satpam setelah semua proses pengkajian selesai.

Diketahui, Polri sudah pernah mengubah warna seragam Satpam menjadi warna cokelat muda dari awalnya berwarna putih-biru tua. Hal ini berdasar dalam Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pengamanan Swakarsa. (jpc/jm)

  • Dipublish : 14 Januari 2022
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami