Arus Balik Libur Nataru, Kendaraan Arah Ibu Kota Meningkat

Ilustrasi: Tol Cikampek. (Raka Denny/Jawa Pos)
Ilustrasi: Tol Cikampek. (Raka Denny/Jawa Pos)
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

JAKARTA,- Momen liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2020 hampir usai. Masyarakat yang memanfaatkan momen liburan untuk pulang kampung atau berwisata ke luar Jakarta mulai bersiap kembali pulang ke ibu kota.

Pada arus balik libur Nataru kali ini, Jasa Marga mencatat peningkatan kendaraan menuju Jakarta meningkat sejumlah 22 persen dari lalu lintas harian. Tercatat, sebanyak lebih dari 298 ribu kendaraan telah kembali ke Jakarta hingga H+1 (1 sampai 2 Januari) tahun baru 2020 dari arah Timur, Barat, dan Selatan.

“Jumlah ini meningkat 22 persen dari lalu lintas harian normal, yaitu sebanyak 244.079 kendaraan,” ujar Corporate Communication and Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk Dwimawan Heru dalam keterangan tertulisnya kepada JawaPos.com.

Dia melanjutkan, lalu lintas (lalin) balik arah timur merupakan kontribusi lalin balik tertinggi. Ini tersebar di dua Gerbang Tol (GT) menuju Jakarta, yaitu GT Cikampek Utama untuk pemudik dari arah Jalan Tol Cikopo-Palimanan dan GT Kalihurip Utama untuk pemudik dari arah Jalan Tol Cipularang-Padaleunyi.

Rincian distribusi lalin GT Cikampek Utama, menyumbang jumlah lebih dari 96.778 kendaraan, naik sebesar 93 persen dari lalin harian normal sebanyak 50.029 kendaraan. GT Kalihurip Utama menyumbang jumlah lebih dari 67.155 kendaraan atau naik sebesar 17.97 persen dari lalin harian normal sebanyak 56.924 kendaraan.

Dari arah barat malah turun. Jasa Marga juga mencatat jumlah kendaraan yang menuju ke Jakarta dari arah Barat via GT Cikupa Jalan Tol Merak-Tangerang. Kendaraan yang melintas sebanyak 70.615 kendaraan, turun sebesar 19 persen dari lalin harian normal sebanyak 87.185 kendaraan.

Sementara itu, jumlah kendaraan yang menuju Jakarta dari arah Selatan atau Lokal via GT Ciawi Jalan Tol Jagorawi adalah sebesar lebih dari 63.548 kendaraan. Angka tersebut naik sebesar 27.24 persen dari lalin harian normal 49.942 kendaraan.

Sementara khusus untuk Tol Cikampek yang sempat terjadi kepadatan, Jasa Marga mencatat sebanyak 96.778 kendaraan melintasi Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama dari arah Tol Trans Jawa menuju Jakarta pada hari H dan H+1.

Jumlah ini meningkat 93,44 persen dibandingkan lalu lintas harian normal sebanyak 50.029 kendaraan. Selain itu Jasa Marga juga mencatat lalu lintas tertinggi yang melintasi GT Cikampek Utama hingga Kamis  (02/01), adalah pukul 14.00-15.00 WIB yang mencapai 2.744 kendaraan.

Untuk arus lalu lintas di Tol Cikampek menuju Jakarta hari ini, Sabtu (4/1), di laman Twitter resmi @PTJASAMARGA menyebut bahwa lalin dari Cikampek menuju Jakarta via Tol Cawang lancar. (jp)

  • Dipublish : 4 Januari 2020
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami