AS – Cina Sepakati Perjanjian Dagang

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BEIJING – Kementerian Perdagangan Cina pada Kamis (9/1) menyampaikan, bahwa Wakil Perdana Menteri Cina, Liu He telah menandatangani kesepakatan Tahap 1 perjanjian dagang dengan Amerika Serikat (AS) pekan depan. Liu berperan sebagai kepala negosiasi Cina dalam perundingan dagang AS-Cina.

Juru bicara Kementerian Perdagangan Cina, Gao Feng mengatakan, Liu akan mengunjungi Washington pada 13 sampai 15 Januari.

Menurutnya, tim negosiasi kedua belah pihak tetap berkomunikasi, terutama tentang penandatanganan kesepakatan tersebut.

Pada 31 Desember 2019, penasihat perdagangan Gedung Putih Peter Navarro juga sudah mengumumkan, Tahap 1 kesepakatan perdagangan Cina-AS akan segera ditandatangani.

Dalam wawancaranya dengan stasiun televisi Fox News, Navarro mengutip laporan yang menyebutkan Liu akan berkunjung ke Washington dalam waktu dekat.

“Kami mungkin menandatanganinya sekitar pekan depan atau kami menunggu terjemahannya,” kata Navarro.

Munculnya harapan perjanjian dagang tersebut segera ditandatangani membuat saham dunia positif pada Senin (30/12), walaupun kedua belah pihak belum mengungkapkan detail kesepakatan dan dokumen apa pun.

Navarro mengatakan, kesepakatan tersebut akan diungkapkan ke publik secepatnya. Ia berharap, tidak ada hambatan yang dapat menahannya.

“Pada dasarnya Anda harus mendapat terjemahan ke Cina dan melakukan pemeriksaan ganda sehingga kedua versi cocok,” ujarnya. (der/fin)

  • Dipublish : 10 Januari 2020
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami