Banjir Rendam Ibu Kota Jakarta, Ini Jalan Tol yang Bisa Dilalui dan Ditutup

Genangan air melanda sejumlah ruas tol, masyarakat pengguna jalan diminta lebih hati-hati dan mencari alternatif lain yang tidak terkena dampak genangan. (Istimewa)
Genangan air melanda sejumlah ruas tol, masyarakat pengguna jalan diminta lebih hati-hati dan mencari alternatif lain yang tidak terkena dampak genangan. (Istimewa)
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

JAKARTA,- Jakarta dan sekitarnya kembali diguyur hujan dengan intensitas tinggi sejak Senin malam hingga saat ini. PT Jasa Marga (Persero) Tbk terus memantau dan menangani kemacetan arus lalu lintas di beberapa titik genangan air di sejumlah ruas tol.

Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk Dwimawan Heru memaparkan sejumlah ruas jalan tol yang masih aman untuk dilewati hingga yang terdapat genangan hingga terpaksa ditutup.

Jalan Tol Jakarta arah Cikampek

Jalan tol Cikampek, pada ruas tol KM 19 masih aman dilalui oleh pengguna jalan meskipun genangan di lajur 1 terdapat genangan setinggi 10-15 cm. Namun, pada Rest Area Km 19A ditutup karena saat ini di dalam rest area terdapat genangan 10-15 cm.

Sementara, untuk arah Jakarta, pada Km 34 masih aman dilalui oleh pengguna jalan meskipun genangan di lajur 1 dan Lajur 2 terdapat area banjir setinggi 10 cm.

Pada Km 19, ada genangan setinggi 25-30 cm sehingga pengguna jalan dari arah Cikampek ke Jakarta diimbau untuk mengambil jalur alternatif lainnya.

Akses masuk Gerbang Tol Jatibening (Km 8) masih aman dilalui oleh pengguna jalan. Genangan di Lajur 1 dan Lajur 2 dengan tinggi 15 cm. Namun, pada Km 8, bahu jalan dan 2 lajur saat ini terdapat genangan sekitar 20-25 cm. Sehingga pengguna jalan dari arah Cikunir atau Bekasi arah Jakarta diimbau untuk mengambil jalur alternatif lainnya seperti Jalan Tol JORR.

Kemudian, jalur Tol Jakarta menuju Tangerang pada Km 14 dan Km 15 terdapat genangan air di lajur 1 sekitar 5-10 cm
Lalu, pada jalan tol Jagorawi arah Bogor pada Km 3+600, genangan 5-10 cm di lajur paling kir.

Untuk jalan tol Non S arah Rorotan, pada Km 44+700 masih aman dilalui oleh pengguna jalan meskipun genangan di 3 lajur banjir dengan tinggi 15-20 cm. Namun, keluar Rorotan ditutup karena jalan nasional Kawasan Berikat Nusantara (KBN) terdapat genangan 45-50cm.

Arah Jatiasih, terowongan dari gerbang tol Cikunir 4 arah Jatiasin ditutup sementara karena ada genangan air, dialihkan ke GT Kalimalang 2. Namun, pada Km 44+600 ada genangan air 10-15cm, masih aman dilalui pengguna jalan.

Jalan tol JORR W2 Utara pada akses keluar Meruya, terdapat genangan 4-5 cm di semua lajur.

Perseroan memastikan kondisi jalan tetap aman untuk pengguna jalan, saat ini petugas Jasa Marga Cabang Jakarta-Cikampek tengah menyiagakan perambuan serta penempatan petugas sebelum lokasi genangan air agar pengguna jalan dapat mengurangi kecepatan kendaraan dan mengantisipasi genangan air.

“Jasa Marga memohon maaf atas ketidaknyamanan pengguna jalan akibat hal ini,” tutupnya. (jp/jm)

  • Dipublish : 25 Februari 2020
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami