Barcelona 0-0 Real Madrid: Ternodai Ulah Wasit

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BARCELONA – El Clasico jilid pertama musim ini berjalan sesuai prediksi, panas dan ketat. Barcelona dan Real Madrid mampu menunjukkan permainan yang atraktif pada laga yang dihelat, Kamis (19/12) dini hari.

Baik Barca dan Madrid, keduanya mengakhiri laga dengan skor imbang 0-0 di Camp Nou. Skor kacamata menjadi momen langka. Pasalnya, skor imbang 0-0 terakhir terjadi pada November 2002 silam. Artinya, momen tersebut terjadi pada 6.235 yang lalu.

Dalam laga kemarin, El Real tampil beringas ketimbang tuan rumah Barcelona. Itu terlihat jelas dari jumlah tembakan yang dilepaskan Real Madrid, 17, berbanding sembilan dari milik Barcelona. Sejak awal permainan sudah sangat ketat. Barcelona sesuai dengan ciri khasnya lebih banyak memegang bola. Tapi, Madrid lebih efektivitas dalam memanfaatkan peluang.

Di sisi lain, laga kemarin menjadi ujian bagi Real Madrid. Ketakutan Real Madrid atas penunjukan wasit Alejandro Hernandez dalam laga El Clasico melawan Barcelona berbuah kenyataan.Setidaknya ada dua kesalahan yang dibuat skuat Ernesto Valverde di kotak penalti Barcelona, sayangnya, kejadian itu luput dan dianggap wasit Hernandez bukan pelanggaran.

Seperti yang terjadi di menit ke-18, bek Madrid Raphael Varane mendapat hantaman dari kaki kiri dari kompatriotnya, Clement Lenglet. Sayangnya, sontekan kaki kiri Lenglet sampai berbekas di paha kanan Varane, bukanlah dianggap pelanggaran dan harapan hadiah penalti untuk Madrid pupus sudah.

Dilansir dari Marca, Clement Lenglet membantah tendangannya disengaja untuk mencegah Varane menciptakan kemelut di depan gawang. “Ini ketidaksengajaan, saya malah menyentuh kaki Varane. Saya rasa itu bukan penalti dan bukan pelanggaran,” ucap Lenglet. ”Jika ada yang menyebutnya penalti, ya itu hanya pendapat mereka,” sambungnya.

Hanya berselang dua menit, Varane lagi-lagi menjadi sasaran kebengisan pemain Barcelona. Saat Varane berada tepat di depan penjaga gawang Barcelona, Marc-Andre Ter Stege, terlihat Ivan Rakitic menarik jersey-nya dan membuatnya kehilangan keseimbangan. Protes kemudian dilayankan kepada Hernandez, namun hadiah penalti juga tak diberikan.

Selain Varane, striker Madrid Gareth Bale juga dibuat kesal oleh ulah sang wasit. Pada menit 73, aksi winger berdarah Wales itu sempat membuahkan gol. Sayangnya, langsung dianulir. Dari tayangan VAR, wasit memutuskan bahwa sang pengumpan Ferland Mendy telah berada dalam posisi offside. Dilansir dari laman resminta, Madrid menganggap kepemimpinan wasit Hernandez sudah bertepuk sebelah tangan. Lewat situs resmi Los Blancos menilai layak mendapatkan dua penalti.

”Kita bisa melihat dan sadar bahwa Madrid lebih banyak mendominasi laga kemarin, dan seharusnya mendapat dua hadiah penalti, tetapi tidak diberikan,” tulis Madrid.

Serangan Madrid jelas membuat Lionel Messi sulit membobol gawang El Real. Tim tuan rumah baru mendapatkan peluang saat aksi Jordi Alba yang menerima umpan Lionel Messi. Sayangnya, sontekan Jordi Alba masih melenceng. Tandem Messi, Luis Suarez juga gagal mencetak gol di laga ini.

Dilansir AS, entrenador Barcelona, Ernesto Valverde mengakui, prediksinya bahwa Madrid akan bermain dengan tekanan akan terjadi di laga nanti. Mantan pelatih Athletic Bilbao mengakui, anak asuhnya hanya bisa bermain setengah lapangan. ”Laga yang sangat sulit. Kami benar-benar berada di fase tidak bisa menyerang. Madrid membuat kami sangat kecapaian,” tambahnya.

”Real sangat kuat, semua pemainnya berbahaya. Kami tak bisa menciptakan ancaman melalui umpan terobosan ke gawang mereka,” sambung Valverde.

Hasil imbang menambah rekor apik Zinedine Zidane dalam laga el clasico. Sejak menjadi pelatih Real Madrid, pria Perancis berdarah Aljazair itu tak pernah kalah di Camp Nou. Zidane menganggap kali ini anak asuhnya mampu memberikan penampilan terbaik selama 90 menit. ”Ini laga El Clasico yang terbaik, sayangnya tidak ada gol. Tapi kami baru saja mendapat lawan yang bagus,” tandasnya.

(fin/tgr)

  • Dipublish : 20 Desember 2019
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami