BBKP Makassar Raih Sertifikat ISO Standar Internasional Keselamatan dan Kesehatan Kerja

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

JaringanMedia.co.id, MAKASSAR – Balai Besar Karantina Pertanian (BBKP) Makassar meraih sertifikat ISO 45001 Standar Internasional Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3). Sertifikat tersebut diserahkan Penanggung Jawab Wilayah Kerja Pelabuhan Soekarno Hatta, Fahri SP MP, di Kantor BBKP Makassar, Jumat, 10 September 2021.

Kepala BBKP Makassar, Lutfie Natsir SH MH, mengatakan, BBKP Makassar merupakan UPT yang melaksanakan amanat Undang-undang No 21 Tahun 2019 tentang Karantina Hewan Ikan dan Tumbuhan. Balai Karantina melaksanakan fungsi dan tugas dalam Perlindungan Kelestarian Sumber Daya Hayati Hewan dan Tumbuhan.

“Tugas dan fungsi BBKP adalah tindakan karantina terhadap komoditas pengiriman antar area, ekspor dan impor, untuk mencegah masuk dan keluarnya HPHK dan OPTK di wilayah NKRI, serta tersebarnya HPHK dan OPTK antar area,” jelasnya, Jumat, 10 September 2021.

Lutfie menegaskan, untuk mendukung keselamatan dan kesehatan kerja seluruh jajaran BBKP Makassar dan pelaksana usaha, serta pengguna jasa, ada sejumlah standar operasional yang ditetapkan. Dan setelah melalui beberapa tahap penilaian maupun audit tempat kerja, BBKP Makassar telah meraih Sertifikat ISO 45001 2018 yang berstandar Internasional untuk K3.

“Penerapan ISO 45001 2018 adalah standar yang bertujuan untuk menyediakan tempat kerja yang aman dan sehat bagi pengguna. ISO 45001 2018 mencakup cara mengendalikan semua faktor yang mungkin mengakibatkan penyakit, cidera maupun kasus kematian ekstrim,” ungkapnya.

Ia berharap, K3 merupakan hal prioritas yang harus diperhatikan. Karena itu, tak henti-hentinya ia mengingatkan seluruh jajarannya untuk memperhatikan standar operasional yang ada, demi keselamatan bersama. (Erbas/jm)

  • Dipublish : 11 September 2021
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami