Begini Aturan Ikut UTBK SBMPTN Gelombang II

ilustrasi
ilustrasi
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

JAKARTA – Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) digelar mulai hari ini, Senin 26 April – 4 Mei 2021.

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) mengingatkan, agar seluruh peserta wajib berpakaian rapi dan sopan serta tepat waktu menghadiri ujian.

“Pastikan untuk sampai di lokasi ujian 45 menit sebelum sesi ujian dimulai dan jangan terlambat,” tulis LTMPT dalam unggahan akun Instagramnya, Senin (26/4/2021).

Pelaksanaan UTBK sendiri dibagi menjadi dua sesi, yakni sesi pagi dan siang. Untuk sesi pagi, kegiatan UTBK dimulai sejak pukul 06.45 WIB dan ujian digelar pada 07.15 WIB.

BACA JUGA: 7 Manfaat Rutin Konsumsi Daun Pepaya Salah Satunya Redakan Nyeri Haid

Pada sesi siang, kegiatan UTBK dimulai sejak pukul 13.00 WIB dan ujian digelar pukul 13.20 WIB. Jadwal waktu pelaksanaan sesi siang di Pulau Jawa sedikit berbeda di hari Jumat.

Ketika hendak mengikuti ujian, LTMPT mewajibkan peserta membawa sejumlah dokumen yang disyaratkan. Beberapa di antaranya wajib membawa kartu tanda peserta, fotocopy ijazah yang sudah dilegalisasi bagi lulusan 2019 dan 2020 atau surat keterangan kelas 12, dan identitas diri seperti KTP/SIM/kartu pelajar.

Setiap peserta SBMPTN bakal mengikuti dua jenis ujian berdasarkan kelompok ujian yang dipilih. Yakni Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Potensi Akademik (TPA) kelompok ujian saintek, soshum atau campuran.

“Jika tidak lolos SBMPTN, sejumlah perguruan tinggi negeri mengizinkan calon mahasiswa menggunakan nilai UTBK untuk seleksi jalur mandiri,” pungkasnya. (der/fin)

  • Dipublish : 26 April 2021
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami