Begini Modus Operandi Calo Rapid Test Stasiun Senen

Ilustrasi rapid test. (Faisal R. Syam/Fajar Indonesia Network)
Ilustrasi rapid test. (Faisal R. Syam/Fajar Indonesia Network)
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

JAKARTA – Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Heru Novianto mengungkap modus operandi yang digunakan para calo tes cepat atau rapid test Covid-19 di Stasiun Senen, Jakarta Pusat.

Tiga pelaku yang ditangkap masing-masing berinisial AG, LY, dan HS, menargetkan para calon penumpang yang sudah tidak sabaran karena panjangnya antrean tes cepat.

“Supaya cepat, dia (pelaku calo) minta jasa, minta transport, menawarkan ke tempat yang ditunjuk untuk mendapatkan tes cepat (rapid test),” ujar Heru di Jakarta, Minggu (20/12).

Para calo tersebut menarik tarif mulai dari mengantarkan calon penumpang hingga mendapat hasil tes cepat.

Misalnya, untuk jasa mengantarkan ke klinik tes cepat hingga keluar hasil, penumpang dipatok tarif sekitar Rp50 ribu. Kemudian biaya tes cepat sebesar Rp95 ribu.

Adapula biaya transportasi motor roda dua menuju klinik yang dipatok sekitar Rp35 ribu sampai Rp45 ribu.

“Mereka mencari celah karena banyak yang antre, banyak yang tidak sabar. Mereka menawarkan diri jasa ke tempat yang bisa mengeluarkan rapid test,” ujar Heru.

Heru pun mengingatkan kepada calon penumpang Stasiun Senen agar berangkat beberapa jam sebelumnya untuk menghindari antrean pemeriksaan kesehatan.

“Mau berangkat jangan mepet waktunya, dan pastikan tempat tes cepat ini benar-benar valid, sehingga ketika pulang ke kampung atau perjalanan jauh, tidak menyebarkan penyakit Covid-19 ke orang lain atau ke keluarga yang akan ditemui di kampung,” kata dia.

Sebelumnya, Petugas gabungan Polres Metro Jakarta Pusat dan Polsek Senen menangkap tiga orang yang diduga merupakan calo tes cepat di Stasiun Kereta Api (KA) Senen, Jakarta Pusat, Minggu (20/12) dini hari.

“Pelaku menawarkan hasil tes cepat tanpa dilakukan pemeriksaan kesehatan dan harganya murah,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus dalam keterangan tertulis.

Yusri menjelaskan, tiga calo tes cepat tersebut diringkus tak lama setelah pihak kepolisian menerima laporan masyarakat mengenai adanya praktik percaloan hasil tes cepat di Stasiun Senen pada Sabtu (19/12) sekitar pukul 23.00 WIB. (riz/fin)

  • Dipublish : 21 Desember 2020
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami