Begini Penyesalan Pembuat Hoax Tank TNI Ikut Operasi Penyekatan Mudik

Potongan video, tank TNI AD yang disebut-sebut bantu penyekatan. Padahal, cuma latihan. (istimewa)
Potongan video, tank TNI AD yang disebut-sebut bantu penyekatan. Padahal, cuma latihan. (istimewa)
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

JaringanMedia.co.id –  TNI Angkatan Darat (AD) telah mengkonfirmasi jika adanya tank baja jenis AMX di dekat titik penyekatan mudik bukan diperuntukan membantu razia kepada warga yang hendak mudik. Tank tersebut saat itu melintas dalam rangka latihan.

Faisal Rahman, 35, sempat diperiksa oleh jajaran TNI didampingi pihak kepolisian setelah membuat video dengan narasi tank tersebut diturunkan untuk penyekatan mudik. Video yang dibuat Faisal bahkan sempat viral di media sosial.

“Saya menyatakan bahwa video yang saya buat tersebut tidak benar dan hoaks,” kata Faisal melalui sebuah rekaman video, Sabtu (8/5).

Setelah menjalani pemeriksaan, Faisal baru mengetahui jika tank baja tersebut sedang melakukan latihan. Dia pun mengakui kesalahannya yang meminta maaf.

“Saya menyesal dan janji tak akan ulangi. Saya mohon maaf kepada semua TNI seluruh Indonesia atas perbuatan saya yang telah mencemarkan institusi TNI,” ucap Faisal.

Sebelumnya, viral satu unit tank baja milik TNI Angkatan Darat (AD) melintas di dekat titik penyekatan mudik. Dalam video yang beredar, lokasi pengambilan gambar terjadi di Jalan Raya Narogong, Cileungsi, tepatnya di perbatasan antara Bogor, dan Bekasi, Jawa Barat.

Pria yang merekam video tersebut menarasikan jika tank ini diperbantukan untuk kegiatan penyekatan mudik. Beberapa prajurit TNI berseragam juga terlihat berada di lokasi.

Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Darat (Kadispenad) Brigjen TNI Tatang Subarna membenarkan adanya tank yang melintas di dekat titik penyekatan mudik. Namun, kendaraan tempur itu tidak ditujukan untuk membantu penyekatan.

“Itu kegiatan latihan, kebetulan jaraknya dekat dengan tempat penyekatan arus mudik,” kata Tatang saat dihubungi, Jumat (7/5).

Tank Baja jenis AMX itu diketahui milik Yonarmed-7/105 GS itu adalah dalam rangka Latihan Taktis Tingkat Baterai TW II TA 2021. Latihan Taktis Tingkat Baterai TW II TA 2021 yang digelar Yonarmed 7 tersebut merupakan latihan rutin satuan Yonarmed 7/105 GS dalam rangka pemeliharaan alutsista tank dan meningkatkan kemampuan serta profesionalisme personel Yonarmed-7/105 GS. (jpg/jm)

  • Dipublish : 8 Mei 2021
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami