Berburu Panggung MotoGP di Balapan Kandang

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

JaringanMedia.co.id – GP Prancis yang berlangsung akhir pekan ini di Sirkuit Bugatti, Le Mans, tak hanya memberi sorotan kepada dua rider tuan rumah. Yakni, pembalap Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo dan pembalap Pramac Ducati Johann Zarco.

Sorotan juga tertuju ke KTM Tech3 sebagai satu-satunya tim asal Prancis di MotoGP ini.

Dua rider rookie Tech3 musim ini, Remy Gardner dan Raul Fernandez, menyuntikkan optimisme berlipat. Di ajang Moto2 tahun lalu, kedua pembalap menguasai podium 1-2 di sirkuit ini.

Saat itu Fernandez menjadi pemenang dan Gardner finis di posisi kedua. Mereka saat itu sama-sama membela Red Bull KTM Ajo.

Tech3 kemarin (10/5) juga mengumumkan kabar baik pertama. Fernandez yang absen di dua balapan terakhir akibat cedera tangan dipastikan telah fit dan siap tampil.

Pembalap Spanyol itu bertekad pecah telur di Le Mans karena hingga saat ini belum mengumpulkan satu poin pun di kelas MotoGP.

’’Optimismeku kembali. Le Mans adalah kandang untuk tim ini. Aku tidak sabar kembali ke lintasan. Apalagi, aku punya kenangan manis di sirkuit ini musim lalu,’’ ucap pembalap 21 tahun itu dilansir Road Racing World.

Fernandez mengalami cedera tangan kanan saat tampil di babak kualifikasi GP Portugal bulan lalu (24/4). Dia kini masih bercokol di peringkat ke-23 klasemen pembalap.

Dia menjadi satu dari dua rookie MotoGP tahun ini yang belum meraih poin bersama pembalap Gresini Racing Fabio Di Giannantonio.

Di sisi lain, Gardner yang sudah mengumpulkan tiga poin merasa yakin Sirkuit Le Mans punya karakter lebih pas dengan motor RC16 yang dia tunggangi.

Karena itu, juara Moto2 2021 itu yakin GP Prancis akan menjadi tempatnya bangkit setelah menuai hasil negatif di GP Spanyol (1/5).

Saat itu, pembalap 24 tahun asal Australia tersebut gagal meraih poin karena hanya finis di posisi ke-20.

’’Kami datang ke Le Mans dengan membawa beberapa perbaikan setelah tes di Jerez. Jika melanjutkan semuanya dengan benar, aku yakin kami akan mendapat hasil baik. Aku tak sabar tampil di balapan kandang tim ini,’’ tutur Gardner dilansir Speedcafe.

Podium tertinggi GP Prancis musim lalu menjadi milik pembalap pabrikan Ducati Jack Miller.

Namun, saat itu fans Prancis juga girang karena dua pembalap tuan rumah, Zarco dan Quartararo, sukses sama-sama naik podium dengan finis di posisi 2-3.

Fans MotoGP Prancis juga akan membanjiri sirkuit secara maksimal akhir pekan ini untuk kali pertama sejak 2019 setelah protokol Covid-19 dicabut.

Demam MotoGP di negara itu kini makin bergeliat setelah Quartararo musim lalu menjadi juara MotoGP. Dia jadi pembalap Prancis pertama sepanjang sejarah yang mampu melakukan itu. (jpc/jm)

  • Dipublish : 11 Mei 2022
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami