Beredar Hoax Foto Rumah Sakit Jiwa yang Terbengkalai

Hoax foto RSJ (Twitter/@historylvrclub )
Hoax foto RSJ (Twitter/@historylvrclub )
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

JAKARTA,- Foto sebuah ruangan dari salah satu rumah sakit yang dindingnya dicoret-coret dengan warna hitam-merah menjadi bahan hoax. Foto tersebut diunggah akun Twitter @historylvrclub dan dinarasikan sebagai rumah sakit jiwa yang terbengkalai.

”Abandoned mental hospital,” begitu kalimat dalam posting-an yang diunggah pada 17 Januari 2020 itu.

Tulisan yang menyertai gambar itu memberi keterangan seolah-olah ruangan dalam foto tersebut merupakan bagian dari rumah sakit jiwa yang terbengkalai (bit.ly/Terbengkalai).

Hingga Minggu (19/1), posting-an itu sudah di re-tweet sebanyak 206 kali dan disukai 934 pengguna Twitter. Namun, dari penelusuran Jawa Pos, foto tersebut ternyata bukan potret ruangan di rumah sakit jiwa yang terbengkalai. Situs theatlantic.com pernah mengunggah foto yang sama dan menyebutnya sebagai salah satu ruangan di Rumah Sakit Linda Vista di Santa Fe, Los Angeles, AS (bit.ly/BukanRSJ).

Rumah sakit tersebut awalnya dibangun pada 1905 untuk karyawan kereta api. Pada 1991, pasien terakhir keluar dari rumah sakit itu, menandai tidak beroperasinya fasilitas kesehatan yang disebut-sebut kekurangan dana tersebut. Setelah itu, Rumah Sakit Linda Vista kerap digunakan untuk lokasi syuting sinema bertema horor. (jp)

  • Dipublish : 21 Januari 2020
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami