BMKG Peringatkan Sejumlah Wilayah yang Berpotensi Dilanda Cuaca Buruk

iLUSTRASI. Prakirawan Balai Besar BMKG Wilayah IV Makassar menunjukkan pergerakan cuaca di monitor. (Darwin Fatir/Antara)
iLUSTRASI. Prakirawan Balai Besar BMKG Wilayah IV Makassar menunjukkan pergerakan cuaca di monitor. (Darwin Fatir/Antara)
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

JaringanMedia.co.id – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang di sejumlah daerah di Indonesia.

Data laman resmi BMKG menyatakan daerah-daerah yang berpotensi mengalami cuaca tersebut yakni Sumatera Barat, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat.

“Kemudian, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, dan Sulawesi Tenggara,” tulis BMKG, Kamis (24/6).

Kemudian, lanjut keterangan tersebut, daerah yang berpotensi hujan yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang adalah Riau, DKI Jakarta, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Selatan, dan Maluku Utara.

BACA JUGA: Ini Penampakan Sapi Calon Hewan Kurban Presiden Jokowi, Harga Bikin Penasaran

BACA JUGA: Inilah Tim yang Lolos ke 16 Besar Euro 2020 dan Jadwal Pertandingannya

“Selain itu, BMKG memberikan peringatan untuk mewaspadai gelombang sangat tinggi 4-6 meter di Samudra Hindia Selatan Jawa,” tulis BMKG.

Masih berdasarkan data resmi BMKG gelombang tinggi 2,5-4 meter berpotensi terjadi di Perairan Barat Kepulauan Nias sampai Kepulauan Mentawai. Baca Juga: Sejumlah Wilayah Ini Berpotensi Diguyur Hujan Lebat Disertai Angin Kencang dan Kilat Lalu, Perairan Pulau Enggano-Bengkulu, Perairan Barat Lampung, Samudra Hindia Barat Sumatra, Selat Sunda Bagian Barat Dan Selatan, Perairan Selatan Pulau Jawa hingga Pulau Sumba, Selat Bali-Lombok-Alas Bagian Selatan.

“Kemudian Samudra Hindia Selatan Bali sampai Nusa Tenggara Timur,” tulis BMKG.

BMKG mengimbau masyarakat untuk memperhatikan risiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran.

“Pada perahu nelayan, kapal tongkang, kapal Ferry, dan kapal ukuran besar seperti kapal kargo/kapal pesiar,” katanya. Selain itu, warga yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi, diminta untuk selalu waspada. (antara/jpnn/jm)

 

  • Dipublish : 24 Juni 2021
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami