BMKG Prediksi Hujan Lebat Guyur Sebagian Wilayah Indonesia

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

JaringanMedia.co.id–Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sebagian besar wilayah di Indonesia berpotensi diguyur hujan lebat, Jumat (27/8).

Dilansir melalui laman resmi BMKG, potensi hujan lebat terjadi di Aceh, Sumatera Utara, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Kepulauan Bangka Belitung, Kalimantan Utara, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Selatan. Situasi yang sama juga diprakirakan melanda Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Maluku Maluku Utara, Papua Barat, dan Papua.

Wilayah Sumatera Utara secara umum berawan hingga namun berpotensi hujan ringan. Riau, Kepulauan Riau, Kepulauan Bangka Belitung, jambi, dan Bengkulu berpotensi diguyur hujan sedang.

Situasi di Pulau Jawa secara umum berawan hingga berpotensi hujan ringan. Pulau Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur secara umum berawan hingga berpotensi hujan ringan.

Pada malam hari, seluruh wilayah DKI Jakarta dan Kepulauan Seribu masih cerah berawan. Ada pun suhu udara di wilayah DKI Jakarta berkisar antara 24–33 derajat Celcius, sedangkan Kepulauan Seribu 26-33 derajat Celcius. Untuk kelembaban udara berkisar antara 50–85 persen. Situasi suhu di kota besar diperkirakan berada pada angka rata-rata 23 hingga 31 derajat Celcius dengan tingkat kelembapan berkisar di angka 65 hingga 90 persen.

Sebelumnya, Kepala Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Dwikorita Karnawati memprediksi musim hujan akan datang lebih awal pada 2021. Salah satu penyebabnya karena Idnonesia memiliki ratusan zona musim (zom). Tercatat, ada sekitar 342 ZOM.

Dari jumlah tersebut, lanjut dia, 14,6 persen di antaranya diprediksi akan mengawali musim hujan pada September. ”Musim hujan kali ini maju lebih awal dibanding pada 2020 dan tahun-tahun sebelumnya. Sebagian besar wilayah di Indonesia mulai September sampai Oktober,” kata Dwikorita. (jpc/jm)

  • Dipublish : 27 Agustus 2021
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami