Bos Bio Farma Optimis Uji Klinis Vaksin Covid-19 Rampung Januari 2021

ILUSTRASI VAKSIN COVID-19 (ANTARA/REUTERS/Tingshu Wang/aa.)
ILUSTRASI VAKSIN COVID-19 (ANTARA/REUTERS/Tingshu Wang/aa.)
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

JaringanMedia.co.id – Direktur Utama PT Bio Farma Honesti Basyir mengungkapkan, vaksin Covid-19 yang akan diproduksi dan digunakan dari perusahaan asal Tiongkok, Sinovac Biotech sudah menyuntik 1.620 relawan. Honesti optimis uji klinis akan selesai pada Januari 2021 mendatang.

Sebab, dari jumlah 1.620 relawan, sebanyak 1.074 sudah mendapatkan suntikan kedua dan 671 relawan sudah diambil darahnya untuk kemudian diuji kembali. “Alhamdulillah belum ditemukan indikasi yang akan menghambat uji klinis,” ujarnya dalam acara webinar FMB 9, Rabu (21/10).

Hindari menjelaskan, uji klinis yang dilakukan di Bandung ini merupakan uji klinis global. Sinovac Biotech sendiri melakukan uji klinis tahap ketiga secara multisenter di lima negara, diantaranya, Brazil, Indonesia, Turki, Chili, dan Bangladesh.

Setelah uji klinis dilakukan, lanjutnya, pihaknya akan segera melaporkan ke Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) untuk mendapatkan emergency use authorization. Selama uji klinis berlangsung pihak BPOM pun selalu mengawasi untuk melihat keamanan vaksin tersebut.

“Artinya, vaksin ini setelah uji klinis dan dianggap bagus, bisa diberikan ke masyarakat untuk kondisi emergency,” tutupnya. (jp)

  • Dipublish : 22 Oktober 2020
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami