BOS Dikurangi, Sekolah Kelimpungan

Ilustrasi
Ilustrasi
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

SINJAI – Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Madrasah Aliyah (MA) dikurangi. Kondisi ini membuat kelimpungan pengelola madrasah.

Seperti yang dialami MA Muhammadiyah Songing, Kecamatan Sinjai Selatan. Mereka mengadu ke DPRD Sinjai karena dana BOS mereka dikurangi. Sebelumnya diterima sebesar Rp1,2 juta per siswa. Kini turun drastis menjadi Rp650 ribu per siswa.

Sementara jumlah siswa yang terdaftar penerima BOS hanya 16 orang. Adanya pengurangan anggaran ini sangat berdampak untuk operasional sekolah. Sebab, mereka hanya mengandalkan dana BOS. Terlebih lagi sekolah ini merupakan sekolah swasta.

“Sekolah gaji guru dan pegawai diperoleh dari dana BOS, jumlahnya lebih 30 orang, setelah dikurangi, tidak cukup untuk membayar gaji mereka,” keluh Kepala MA Muhammadiyah Songing, Hamzah seperti dikutip dari Harian Fajar, Senin, 10 Agustus.

Dia berharap agar kondisi ini menjadi atensi bagi anggota DPRD Sinjai. Pihaknya juga mulai merencanakan untuk melakukan pinjaman guna memenuhi kebutuhan yang ada.

Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kantor Kemenag Sinjai, Kamriati Anies membenarkan adanya pengurangan besaran BOS yang diterima di setiap Madrasah Aliyah (MA).

Namun dia memastikan, pengurangan ini bukan hanya dialami oleh MA Muhammadiyah Songing, Sinjai Selatan. Tetapi semua MA yang berada di Kabupaten Sinjai.

“Ada 37 MA di Sinjai, semua mengalami pengurangan, bahkan di semua daerah, bukan hanya Sinjai,” beber Mantan Kepala Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Sinjai ini.

Kendati demikian, pihaknya belum mengetahui penyebab pengurangan itu. Sebab jumlah anggaran yang masuk dalam Daftar Isian Pelaksana Anggaran (DIPA) Kemenag mengalami pengurangan untuk pencairan triwulan kedua.

“Kami hanya menyalurkan berdasarkan anggaran yang tertera di DIPA, ini baru kami mau pertanyakan apa penyebabnya,” tambahnya. (sir/dir)

  • Dipublish : 11 Agustus 2020
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami