BPS: Industri Pengolahan Penopang Terbesar Pertumbuhan Ekonomi Kuartal II 2021

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

JaringanMedia.co.id – Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Margo Yuwono menyebutkan, bahwa sektor industri pengolahan menjadi salah satu penopang terbesar terhadap pertumbuhan ekonomi pada kuartal II 2021 yang mencapai 7,07 persen secara tahunan (year-on-year/yoy).

“Pertumbuhan ekonomi tertinggi secara tahunan berasal dari industri pengolahan,” kata Margo, dalam konferensi pers virtual, Kamis (5/8/2021).

BPS mencatat, kinerja industri pengolahan pada kuartal II/2021 tumbuh sebesar 6,58 persen yoy. Pertumbuhan tersebut didorong oleh peningkatan kinerja di subsektor industri alat angkutan sebesar 45,7 persen.

“Ini didukung adanya permintaan kendaraan bermotor sebagai dampak dari kebijakan pemerintah yang memberikan insentif PPnBM,” terangnya.

Selain industri pengolahan, lanjut Margo, sektor perdagangan juga merupakan salah satu pendorong utama pertumbuhan ekonomi kuartal II/2021, yang tercatat tumbuh sebesar 9,44 persen yoy.

Sektor perdagangan tersebut di antaranya perdagangan mobil, sepeda motor, dan reparasinya, yang tumbuh sebesar 37,88 persen yoy.

“Perdagangan besar dan eceran bukan mobil dan sepeda motor juga mampu tumbuh sebesar 4,77 persen,” pungkasnya. (fin/jm)

  • Dipublish : 5 Agustus 2021
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami