Cara Cermat Memilih Kopi yang Lebih Ramah Bagi Lambung

Ilustrasi
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

JARINGANMEDIA.CO.ID,- Minum kopi kini sudah jadi bagian dari gaya hidup. Rasanya tidak lengkap tanpa nyeruput kopi. Masalahnya, tubuh terkadang suka berontak ketika dijejali kafein yang merupakan kandungan dari kopi. Jantung deg-degan dan lambung perih. Bahkan, sampai gemetar dan muncul keringat dingin.

Nah, untuk mengurangi risiko tersebut, penikmat kopi disarankan untuk cermat memilih jenis kopi yang diminum. Co-founder Fore Coffee Elisa Suteja merekomendasikan kopi arabika bagi penikmat kopi yang akrab dengan masalah-masalah tersebut.

”Arabika lebih baik. Bukan berarti robusta tidak baik ya,” ujarnya.

Dia menjelaskan, selain jadi tren global, kopi Arabika sejatinya memiliki kadar kafein lebih rendah. Sehingga cukup ramah terhadap tubuh.

Kopi tak semata soal kafein tinggi sehingga lebih nendang. Namun, terpenuhinya manfaat yang ingin diperoleh ketika mengonsumsi kopi tersebut. Bisa berkonsentrasi penuh sehingga kerja lebih baik.

”Nendang nggak nendang itu sugesti ya. Kopi pahit dirasa nendang. Tapi kalau sampai deg-degan apakah dapat manfaat tersebut?” ungkapnya.

Disinggung soal porsi kopi dalam sehari, Elisa tak memberi patokan pasti. Bagi dia, tergantung dari jenis kopi yang dikonsumsi dan proses pembuatannya. Dia mencontohkan, ketika mengonsumsi kopi arabika yang diolah dengan manual brew, dirinya bisa minum sampai delapan cangkir sehari. ”Manual brew, kafein nggak sebanyak itu. Minum delapan kali nggak deg-degan sama sekali,” tuturnya.

Sajian akan berbeda saat kopi sudah diolah dalam bentuk espresso. Dirinya hanya sanggup 2-3 gelas dalam sehari. Elisa melihat, saat ini masyarakat Indonesia cenderung menyukai jenis kopi susu. Jenis minuman kopi tersebut mampu membuat orang yang tadinya tidak begitu menyukai minuman berkafein jadi rutin mengonsumsinya. Menurutnya, hal itu tak masalah. Karena dari sana, orang biasanya akan semakin mencari tahu informasi seputar kopi.

  • Dipublish : 22 November 2019
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami