Cara Mudah Membersihkan Interior Mobil Agar Terhindar Virus Covid-19

Ilustrasi Interior Mobil (pixabay)
Ilustrasi Interior Mobil (pixabay)
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

JaringanMedia.co.id– Situasi pandemi yang masih berlangsung hingga saat ini membuat setiap orang terus waspada dalam menjaga kesehatan. Termasuk saat menggunakan kendaraan dalam menunjang kegiatan atau aktifitas.

Bagi pemilik mobil khususnya sangat disarankan menjaga kebersihan interior mobil. Sebab, penularan Covid-19 tidak hanya bisa terjadi melalui kontak dekat dengan orang yang terinfeksi.

Infeksi bisa terjadi jika tangan menyentuh benda yang sudah terpapar droplet (cairan dari mulut atau hidung) yang dikeluarkan oleh pasien Covid-19. Jika tidak rutin mebersihkannya dapat memicu penularan.

Interior beserta benda-benda di dalam mobil rentan terpapar droplet penumpang yang mengandung virus corona. Sikap kehati-hatian sangat penting untuk diterapkan dalam mencegah penularan Covid-19. Rutin membersihkan mobil adalah salah satu upaya pencegahan yang bisa dilakukan.

Berikut ini 6 cara membersihkan mobil agar terbebas dari virus covid-19:

Gunakan sabun

Penggunaan sabun khusus untuk mobil bisa efektif untuk membersihkan sejumlah bagian luar dan dalam mobil dari kuman atau virus. Gunakan sabun yang sesai dengan peruntukannya, jangan menggunakan sembarang sabun.

Gunakan tisu disinfektan

Pastikan untuk membersihkan benda-benda di kabin mobil yang kerap tersentuh tangan, termasuk setir, kunci, tombol-tombol kontrol audio maupun power, kaca spion dan lainnya.

Agar tidak memicu kerusakan di permukaan ataupun sistem elektronik di interior, pembersihan bisa memakai tisu disinfektan. Selain itu, jangan menggunakan produk pembersih berbasis amoniak pada layar sentuh karena dapat menurunkan lapisan anti-silau pada layar.

Pakai pembersih yang tepat

Saat membersihkan mobil, jangan abaikan karpet, kursi dan headliner hingga bagian belakang jok, terutama kursi baris pertama dan kedua. Namun, untuk membersikannya harus memakai cairan atau produk pembersih yang tepat. Misalnya, pembersih bahan kulit atau sampo khusus jok.

Gunakan sarung tangan sekali pakai

Penggunaan sarung tangan sekali pakai dapat mencegah paparan virus saat kamu membersihkan mobil. Dengan memakai sarung tangan, kamu juga bisa dengan aman memungut sampah atau tisu bekas yang biasa tertinggal di dalam mobil. Setelah pembersihan, buang sarung tangan itu.

Lap cairan pembersih dengan cepat

Setelah menyemprotkan sabun atau bahan pembersih lainnya pada bagian mobil, segera lap untuk mengeringkannya dengan cepat. Jangan membiarkan bahan kimia terlalu lama di permukaan.

Cuci tangan

Setelah membersihkan mobil, segera cuci tangan dengan sabun. Guna menjaga kebersihan kabin mobil, biasakan untuk selalu mencuci tangan dengan sabun, baik sebelum maupun sesudah kamu berkendara. (JPC/JM)

  • Dipublish : 12 Juli 2021
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami