Cari Dukungan, Gibran Datangi Kediaman Megawati

PANTANG MENYERAH: Gibran Rakabuming Raka beri keterangan pers di depan rumah Megawati, Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat kemarin (24/10).
PANTANG MENYERAH: Gibran Rakabuming Raka beri keterangan pers di depan rumah Megawati, Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat kemarin (24/10).
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

SOLO – Tekad putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka ikut kontestasi pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kota Solo 2020-2024 lewat PDIP sudah bulat. Kemarin (24/10), pengusaha martabak ini menemui Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri di kediamannya Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat untuk membahas niatnya tersebut.

Gibran yang memakai kemeja batik putih bergambar Soekarno-Hatta memasuki gerbang rumah Megawati sekitar waktu duhur. Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto turut menemani pertemuan Gibran dengan Megawati. “Saya mendapinginya sebagai orang partai, makanya saya pakai baju partai,” jelasnya.

Menurut Hasto, Megawati menaruh perhatian khusus kepada anak muda seperti Gibran yang ingin mengabdi untuk bangsa. Karena itu, PDIP tidak tabu terhadap setiap anak muda yang ingin mengembangkan diri di kancah perpolitikan Indonesia.

“Ibu Mega itu sosok pendengar yang baik, membangun organisasi. Sehingga PDIP terus bisa survive dan maju, karena kami juga terus melihat kemajuan zaman,” terang Hasto.

Terkait tekad Gibran akan maju dalam Pilkada Kota Solo, Hasto mengatakan, terlebih dahulu melihat hasil survei. Megawati yang akan menentukan Gibran bakal maju atau tidak.

“Kalau urusan pilkada sudah ada mekanismenya. Jadi nanti ada survei, ada pemetaan politik. Menunggu keputusan politik yang diambil Ibu Mega,” ucapnya.

Sementara itu, usai bertemu Megawati, Gibran menegaskan ingin maju Pilkada Kota Solo dengan dukungan PDIP. Dia membantah kabar yang menyebutkan hendak menempuh jalur independen.

“Saya sampaikan ke Ibu Mega, saya tidak akan maju lewat independen seperti dikatakan di Solo kemarin. Itu tidak benar,” tegas Gibran.

Pria 32 tahun itu juga sempat membicarakan kondisi Solo dengan Megawati. Namun, pembicaraan lebih banyak terkait keseriusannya berjuang di PDIP di Pilkada Kota Solo 2020-2024.

Kesempatan tersebut juga dimanfaatkan Gibran untuk sowan ke sejumlah petinggi PDIP. “Sudah sewajarnya saya sowan dan silahturahmi ke senior-senior, petinggi-petinggi PDIP. Kalau di Solo kan saya sudah Sowan ke Pak Rudy (Ketua DPC PDIP Surakarta F.X. Hadi Rudyatmo) dan hari ini (kemarin) saya berkesempatan silahturahmi ke Bu Mega,” pungkas Gibran.

Merespons langkah Gibran menemui Megawati, Ketua DPC PDIP Kota Surakarta F.X. Hadi Rudyatmo menjelaskan, setiap kader PDIP berhak bertemu dengan ketua umumnya, termasuk Gibran yang telah mengantongi kartu tanda anggota (KTA) partai berlambang banteng moncong putih. Baginya, pertemuan itu adalah hal biasa dalam politik. Pria yang juga wali kota Solo itu menyerahkan seluruh keputusan kepada DPP.

“Soal rekomendasi (balon kepala daerah) itu urusan DPP. Biar DPP yang memutuskan. Kalau saya terbuka kok, siapa saja yang mau ketemu Mbak Mega boleh. Nggak ada yang menghalang-halangi,” katanya.

Hingga saat ini, Rudy kukuh dengan calon yang diusung kader PDIP yakni Achmad Purnomo dan Teguh Prakosa. Pasangan tersebut merupakan usulan dari seluruh pimpinan anak cabang kepada DPC untuk disampaikan ke DPP.

“Yang diajukan dari partai ya Pak Pur (Achmad Purnomo) dan Pak Teguh. Kita tunggu saja hasilnya nanti bagaimana,” imbuh dia.

Bagaimana jika Purnomo-Teguh tak mendapat rekomendasi DPP? Rudy tak mau berandai-andai. Namun, bila itu benar-benar terjadi, maka secara pribadi Rudy memiliki pandangan pribadi. “DPP punya keputusan, saya pasti juga punya keputusan sendiri,” terangnya tanpa menyebut apa keputusan yang dimaksud.

Di sisi lain, Achmad Purnomo tak ambil pusing dengan keputusan DPP. Dia siap terhadap seluruh keputusan partai tanpa mau membantah. “Sebagai petugas partai, saya ini siap. Kalau diminta maju, ya maju, kalau tidak ya nggak apa-apa. Saya nothing to lose,” ujar dia. (jp)

  • Dipublish : 25 Oktober 2019
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami