Cegah Hoax, Pengguna WhatsApp Bisa Atur Privasi di Dalam Grup

Ilustrasi
Ilustrasi
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

JAKARTA,- Aplikasi WhatsApp kini memiliki fitur baru untuk mengontrol privasi di grup. Fitur ini memungkinkan untuk menyaring orang-orang yang akan bergabung dalan sebuah grup dan menangkal banyaknya penyebaran misinformasi.

Direktur Kebijakan APAC, Clair Deevy mengatakan, WhatsApp sangat berkomitmen untuk memberikan pengalaman pesan pribadi yang terbaik bagi seluruh masyarakat, termasuk menangkal penyebaran hoax.

“Setelan privasi terbaru untuk grup yang diumumkan pada hari ini dibuat berdasarkan sejumlah langkah yang telah kami tempuh, termasuk di pembaruan produk dan kampanye kesadaran publik untuk membantu mengatasi isu misinformasi,” ujarnya usai menghadiri audiensi WhatsApp dengan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny Gerrard Plate di kantor Kemenkominfo, Jakarta, Kamis (7/11).

Setelan privasi ini juga dilengkapi dengan sistem pengundangan baru, di mana user dapat menentukan siapa saja yang bisa bergabung ke dalam grup percakapan di WhatsApp.

Untuk mengaktifkannya, pengguna dapat membuka Pengaturan atau Setting dalam aplikasi, kemudian ketuk Akun > Privasi > Grup dan pilih salah satu dari ketiga opsi berikut: ‘Semua Orang/Everyone’, ‘Kontak Saya/My Contacts’, atau ‘Kontak Saya Kecuali../My Contacts Except..’.

‘Kontak Saya’ berarti hanya pengguna yang terdaftar dalam kontak user yang dapat memasukkan user ke dalam sebuah grup, sementara ‘Kontak Saya Kecuali..’ menawarkan pengaturan tambahan untuk memilah siapa saja dalam daftar kontak yang dapat memasukkan user ke dalam grup.

Sementara, admin grup tidak dapat menambahkan seseorang ke dalam grup akan diminta untuk mengirimkan undangan pribadi melalui chat individual, yang memberikan user pilihan apakah user  tersebut berminat untuk bergabung ke dalam grup. User diberikan kesempatan untuk memutuskan untuk menerima undangan tersebut dalam waktu tiga hari sebelum batas waktu berakhir.

Setelan privasi terbaru ini telah diluncurkan kepada beberapa pengguna sejak kemarin dan akan tersedia bagi mereka yang menggunakan versi terbaru WhatsApp di seluruh dunia dalam beberapa hari mendatang.(jp)

  • Dipublish : 7 November 2019
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami