Corona Menyerang WNI di Autralia, Singapura, dan Taiwan

Ilustrasi virus corona (CNN)
Ilustrasi virus corona (CNN)
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

JAKARTA – Sebaran Virus Corona terus meluas. Setelah di dalam negeri tecatat 19 orang dinyatakan positif, kini Warga Negara Indonesia (WNI) di luar negeri pun terimbas virus yang berasal dari Wuhan, Cina.

Plt Juru Bicara Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Teuku Faizasyah, mengatakan, total 9 kasus WNI yang positif Covid-9. Mereka merupakan awak kapal Diamond Princess, tiga WNI di Singapura dan satu lagi kini di Taiwan.

“Sembilan kasus Diamond Princess, tiga Singapura dan satu Taiwan,” tulis Faizasyah dalam keterangan tertulis yang disampaikan lewat WhatApp kepada Fajar Indonesia Network (FIN), Senin (9/3).

Sementara sekira pukul 23.00 WIB, Kemenlu kembali mendapatkan informasi seorang WNI yang tinggal di Victoria, Victoria, Australia juga positif Covid-19. ”Satu WNI di Australia positif. Dan Kami akan coba menggali informasi lebih banyak lagi, tetapi kita akan tetap hormati privasi beliau,” terang tutur Menlu Retno.

Sejumlah media asing khususnya di Australia memang gencar mengemas pemberitaan ini. ”WNI tersebut seorang perempuan berusia sekitar 50 tahun. Ia menjadi kasus ke-12 di negara bagian Victoria,” jelas Retno.

Dalam kondisi ini, Retno pun menegaskan Pemerintah Indonesia siap membantu apa yang dibutuhkan WNI tersebut. ”Perwakilan RI di Australia telah siap membantu,” ucapnya.

Ya, beberapa media Australia seperti ABC News dan 7news melaporkan bahwa perempuan Indonesia itu dinyatakan positif terinfeksi virus corona di Victoria pada Minggu (8/3).
Ia diketahui menggunakan maskapai Virgin Airlines dari Perth menuju Victoria pada 2 Maret 2020. Sebelumnya, perempuan itu terbang dari Jakarta ke Perth pada 27 Februari 2020.

Foto: Afp

 

Dua hari setelah tiba di Perth, ia mengalami gejala yang kemudian dipastikan sebagai infeksi virus COVID-19 oleh rumah sakit pada Sabtu (7/3). “Dan dari informasi yang kami dapat, sementara pasien berada di ruang isolasi di rumah dan dirawat oleh anggota keluarganya,” pungkas Retno. (fin/ful)

  • Dipublish : 10 Maret 2020
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami