Corona Pecah Rekor, Ini 5 Rekomendasi Organisasi Kedokteran

Juru Bicara Tim Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito. (Istimewa)
Juru Bicara Tim Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito. (Istimewa)
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

JaringanMedia.co.id – Dengan tingginya kasus pada saat ini, berdasarkan rekomendasi dari lima organisasi profesi kedokteran (Perdatin, PDPI, PAPDI, IDAI, dan PERKI) bahwa strategi yang harus dilakukan adalah dengan menerapkan early over treatment.

Dimana pasien rumah sakit yang sudah mengalami perbaikan gejala dapat segera dirujuk untuk melanjutkan isolasi mandiri di rumah, agar kapasitas rumah sakit menjadi lebih besar dan mampu menampung pasien dengan gejala sedang-berat lainnya.

“Selain itu, dapat juga dilakukan konversi tempat tidur rumah sakit, atau menyediakan fasilitas isolasi terpusat di masing-masing wilayah agar beban dapat terbagi dan rumah sakit tidak kewalahan menangani pasien. Apabila seluruh provinsi-provinsi ini mampu menurunkan penambahan kasus positif dan meningkatkan kesembuhan, maka dapat mendongkrak angka kesembuhan di tingkat nasional,” kata Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito.

Baca Juga: Presiden Filipina Ancam Penjarakan Warganya yang Tolak Divaksin

Baca Juga: Polisi Bongkar Praktik Penjualan Ijazah Palsu, S1 Dijual 2 Juta

Diketahui, Kasus Covid – 19 di Indonesia mencapai rekor kenaikan kasus harian tertinggi selama pandemi. Pada pada 21 Juni tecatat sebanyak 14.536. Selain itu, selama lima minggu terakhir, kasus baru selalu lebih tinggi dibandingkan dengan angka kesembuhan, dengan puncak selisih 17.391 kasus pekan ini.

Koordinator Tim Pakar dan Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito mengungkapkan kondisi tingginya kasus positif dibandingkan angka kesembuhan mingguan perlu mendapatkan perhatian.

“Angka kesembuhan yang lebih rendah dibandingkan kasus positif perlu menjadi target utama perbaikan penanganan COVID-19,” jelas Wiku, lewat keterangan resmi diterima, Rabu (23/6). (fin/jm)

  • Dipublish : 23 Juni 2021
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami