Covid-19 Meluas, Ingatkan Anak-anak Pentingnya Hand Sanitizer

Pakai hand sanitizer  (Pixabay)
Pakai hand sanitizer (Pixabay)
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

JaringanMedia.co.id– Kasus Covid-19 pada anak saat ini semakin mencuat. Klaster keluarga yang datang ke rumah sakit umumnya juga menular pada anak. Selain memakai masker, anak juga penting diingatkan untuk selalu menjaga kebersihan tangan.

Di masa pandemi yang terus berlanjut ini, hand sanitizer merupakan perbekalan kesehatan yang wajib untuk dibawa setiap saat sebagai pencegahan kontaminasi dari bakteri dan virus terhadap tubuh. Hand sanitizer juga menjadi solusi awal jika memang belum menemukan air dan sabun.

“Sanitizer memang sangat membantu dalam menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh, namun perlu diperhatikan bahwa bukan hanya Covid-19 yang harus diwaspadai tapi juga bakteri E. Coli, virus Influenza, dan bakteri serta virus lainnya,” kata Erwin Hadi Saputra dari Acquassimo kepada wartawan baru-baru ini.

Akan tetapi menurutnya jika salah pilih, bukan hanya kulit tangan menjadi kering tapi juga akan menyebabkan iritasi. Sanitizer yang berbahan dasar alami tanpa alkohol, pewangi, bahan kimia, dan pengawet diyakini aman untuk pemakaian jangka panjang.

Tak hanya tangan anak, alat-alat yang dekat dengan anak seperti mainan serta alat makan anak dan lain-lainnya juga harus higienis. Praktisi Kesehatan dr. Inaldo Harlim M. Biomed (AAM), M. Hum-Kes, Dip. AAAM (USA), CIBTAC, AIFO-K mengatakan penggunaan sanitizer baiknya juga memperhatikan jenis kulit penggunanya. Kulit yang sensitif tentu lebih mudah terkena iritasi dari efek penggunaan sanitizer berkelanjutan.

“Pada masa pandemi Covid-19, kita benar-benar di tuntut untuk menjaga imunitas dan selalu mengikuti protokol kesehatan. Selain mencuci tangan dan menggunakan masker, penggunaan sanitizer tentunya menjadi pilihan praktis serta wajib dibawa kemana-mana,” jelas Inaldo.

Sebagai praktisi kesehatan, ia menyarankan penggunaan sanitizer yang berbahan dasar alami tanpa pengawet, residu, dan bebas pewangi kimia sehingga tidak menyebabkan kulit kering, iritasi bahkan menimbulkan dermatitis. Terlebih lagi dalam pemilihan sanitizer yang diperuntukkan untuk kulit bayi, kita harus lebih selektif dalam memilih.

“Untuk anak atau bayi sehat plus kulit tetap terawat, itu poinnya. Orang tua harus memastikan tangan anak bersih dari kuman,” tegasnya. (jpc/jm)

  • Dipublish : 21 Juni 2021
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami