Dandim 0819 Pasuruan: TNI Siap Bantu Polisi Berantas Begal

Ilustrasi
Ilustrasi
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

JARINGAN MEDIA, PASURUAN – Maraknya begal di Pasuruan akhir-akhir ini juga mendapat perhatian dari Dandim 0819 Pasuruan Letkol Infanteri Nyarmar. Dandim siap mendatangi rumah gembong begal untuk menekan kasus begal.

Sebab, menurut Dandim, aksi begal di Pasuruan tergolong sadis. Hanya demi motor, pelakunya tega melukai korban. Bahkan, tak jarang nyawa korbannya melayang.

“Sadis sekali. Masak demi motor tangannya ditebas, nyawanya diambil. Gak sesuai dengan kerugiannya,” katanya saat ditemui di Kodim 0819 di Jalan Veteran, Kelurahan Panggungrejo, Kecamatan Bugul Kidul, Kota Pasuruan.

Karena itu, pihaknya akan membantu kepolisian memberantas begal. Bahkan, sejauh ini bantuan dari TNI sudah dilakukan berupa patroli di daerah dan jam rawan. Patroli dilakukan saat pelaksanaan PPKM Mikro penanganan Covid-19.

“Akan kami bantu patroli dalam pelaksanakan PPKM Mikro, sambil ngecek kondisi. Patroli kami lakukan pagi, siang, dan juga malam,” terangnya.

Bahkan, Dandim berencana mendatangi rumah gembol begal di Pasuruan. Tujuannya, untuk memberikan wawasan dan makna tentang kehidupan. Menurutnya, itu bakalan manjur dibandingkan dilawan dengan kekerasan.

“Sudah saya praktikan saat berlawanan dengan GAM. Jadi kami akan lakukan persuasif. Semua manusia itu pada dasarnya baik jika dibaiki,” katanya.

Untuk menyadarkan para begal, pihaknya juga bakalan menawarkan pekerjaan bagi para pelaku. Sehingga, mereka tidak lagi membegal. Juga tidak lagi menjadi maling atau perampok.

“Ini ke depan akan kami lakukan. Untuk saat ini kami masih menyisir. Karena kami di Pasuruan masih baru,” terangnya.

Rencana tersebut, dikatakan Dandim, bisa juga gagal. Namun, dengan begitu, tidak akan menimbulkan dendam baru. Tetapi, jika dilawan dengan kekerasan, maka akan menimbulkan dendam baru dari anak cucu mereka.

“Jangan sampai ditumpas satu maka, akan bertambah dua, bertambah tiga, dan seterusnya,” ujarnya. (sid/hn)

  • Dipublish : 23 April 2021
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami