Denmark Lolos Sangat Dramatis, Catat Rekor Baru dalam Sejarah Euro

Para pemain Denmark merayakan kemenangan mereka atas Rusia pada laga ketiga Grup B di Parken Stadium, Copenhagen (22/6) WIB. (HANNAH MCKAY / POOL / AFP)
Para pemain Denmark merayakan kemenangan mereka atas Rusia pada laga ketiga Grup B di Parken Stadium, Copenhagen (22/6) WIB. (HANNAH MCKAY / POOL / AFP)
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

JaringanMedia.co.id –Denmark, pada mulanya mendapatkan rentetan hasil buruk plus tragedi dalam dua pertandingan awal Euro 2020. Namun, pada laga ketiga Grup B dini hari tadi (22/6), Denmark bangkit untuk memukul Rusia 4-1. Kemenangan telak, memastikan Denmark lolos ke babak 16 besar.

Di dua pertandingan pertama, peluang Denmark seolah tertutup dengan kekalahan 0-1 dari Finlandia dan 1-2 dari Belgia. Tetapi, kemenangan 4-1 atas Rusia dan kekalahan 0-2 Finlandia dari Belgia pada waktu yang bersamaan, membuat konstelasi berubah.

Denmark, Finlandia, dan Rusia memiliki nilai sama tiga dalam tiga pertandingan. Ketiganya sudah saling mengalahkan. Namun, pada akhirnya, Denmark yang berhak menjadi runner-up Grup B karena memiliki selisih gol lebih baik ketimbang Finlandia dan Rusia. Dalam matchday kedua sebelumnya, Rusia berhasil mengalahkan Finaldia dengan skor 1-0.

Karena memiliki poin yang sama, peringkat tim ditentukan dengan selisih gol antar tiga tim itu. Denmark menjadi runner-up karena punya selisih gol lebih baik. Denmark mempunyai selisih gol +2. Sedangkan Finlandia berada di posisi ketiga dengan selisih gol 0. Sedangkan Rusia dipastikan tersingkir karena punya selisih gol -2.

Kelolosan Denmark ini adalah peristiwa fenomenal. Sebab berdasarkan data Opta, Denmark menjadi tim pertama dalam sejarah Euro yang lolos ke fase knockout setelah menelan dua kali kekalahan dalam dua laga awal.

Di sisi lain, Belgia keluar sebagai juara grup B dengan rekor sempurna, tiga kali main, tiga kali menang. Sementara itu, Finlandia masih memiliki peluang untuk lolos dengan status sebagai salah satu tim peringkat tiga terbaik.

Dalam laga melawan Rusia di Parken Stadium, Copenhagen, gol dari Mikkel Damsgaard pada menit ke-38 dan Yussuf Poulsen (59′) membuat Denmark memimpin 2-0. Penalti Artem Dzyuba pada menit ke-70, membuat Rusia memperkecil ketertinggalan menjadi 1-2.

Denmark yang membutuhkan kemenangan telak untuk lolos, lantas tampil menggila. Gol Andreas Christensen pada menit ke-79 dan Joakim Maehle (82′), akhirnya menggaransi kelolosan Denmark sebagai runner-up.
Bek Denmark Andreas Christensen merayakan gol yang dia cetak ke gawang Rusia di Parken Stadium, Copenhagen. (STUART FRANKLIN / POOL / AFP)

“Saya kehabisan kata-kata untuk menggambarkan bagaimana saya mengagumi tim ini,” ucap pelatih Denmark Kasper Hjulmand dikutip dari situs resmi UEFA.

Pada babak 16 besar, Denmark akan menghadapi runner-up Grup A, Wales. Pertandingan akan berlangsung di Johan Cruyff Arena, Amsterdam, 26 Juni waktu setempat. (jpc/jm)

  • Dipublish : 22 Juni 2021
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami