Deputi BI Jelaskan Uang Putri Dimakan Rayap dan Diganti Rp 1,05 Juta

ILUSTRASI: Uang dimakan rayap. (Istimewa)
ILUSTRASI: Uang dimakan rayap. (Istimewa)
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

JAKARTA,- Nasib nahas yang dialami oleh salah satu warganet Putri Buddin, 23, yang sempat viral di media sosial mendapat sorotan dari jajaran pimpinan Bank Indonesia (BI). Betapa tidak, pemilik akun Twitter @putribuddin itu sebelumnya menceritakan tentang uangnya yang berjumlah Rp 5,4 juta habis dimakan rayap. Lantas uangnya hanya bisa digantikan ke BI sebesar Rp 1,05 juta saja.

Deputi Gubernur BI Rosmaya Hadi membenarkan bahwa Putri telah menukarkan uang rusak miliknya ke BI beberapa waktu lalu. Sayangnya dari total Rp 5,4 juta yang ia bawa, hanya Rp 1,05 juta yang bisa diganti oleh BI. Sebab sesuai ketentuan, uang rusak yang bisa ditukarkan harus memiliki kondisi 1/3 atau 67 persen dari kondisi fisik asli.

“Sesuai dengan ketentuan apabila rusaknya itu lebih dari 2/3 itu tidak diganti. Tapi kalau dia masih ada 1/3 kita ganti. Dari Rp 5,4 juta itu kita ganti Rp 1 juta,” kata Rosmaya di Kantor BI, Jakarta, Kamis (22/8).

Rosmaya membeberkan bahwa kondisi fisik uang yang tidak bisa ditukarkan oleh Putri telah berbentuk hampir seperti abu lantaran habis dimakan rayap. “Karena itu sesuai ketentuan, yang lainnya itu (uang yang tidak bisa ditukarkan) betul-betul sudah seperti abu,” bebernya.

Atas dasar itu, Rosmaya lantas memberikan tips kepada masyarakat agar bisa dapat menyimpan uang dengan baik. Selama ini, kata dia, BI sebenernya telah mengeluarkan sosialisasi anyar menjaga uang melalui 5J. Yakni, jangan dilipat, jangan distreples, jangan diremas, jangan dibasahin, dan jangan dicoret.

 

 

Namun agar lebih aman, ia menyarankan masyarakat dapat menyimpan uang di perbankan. “Yang lebih baik itu disimpan di Bank,” tandasnya.

Sebelumnya, kisah malang warganet bernama Putri mendadak menjadi pembicaraan di media sosial. Ia membagikan sebuah foto yang memperlihatkan gepokan uang yang habis dimakan rayap. Sejatinya, uang yang rusak bukan hanya Rp 5,4 juta. Apabila ditotal, jumlahnya ada sekitar Rp 10 juta.

“Niat hati gak boros, simpen uang di lemari, eh malah dimakan rayap. Sedih banget sumpah. Kalau kaya uangnya rusak separah ini bisa dituker ke bank gak si guys? huhu,” curhat Putri melalui akun Twitternya pada Sabtu (17/8).

Putri mengungkapkan, menyimpan uang total Rp 10 juta di lemari kayu di dalam dua kantong plastik terpisah. Kantong pertama berjumlah sebesar Rp 4,6 juta dan kantong kedua berjumlah Rp 5,4 juta. Namun nahas, satu kantong berjumlah total Rp 4,6 juta telah menjadi sarang rayap. Ia kemudian telah memutuskan untuk membuangnya.

Usut punya usut, uang tersebut sebenernya uang miliknya yang telah diberikan kepada almarhumah neneknya. Nenek putri yang telah meninggal satu tahun lalu itulah orang yang menyimpan uang tersebut di lemari kayu. Putri baru sadar uang itu dimakan rayap setahun berselang setelah sepeninggalan neneknya.

Ia terkaget-kaget bahwa uang yang diberikan ke neneknya sudah habis dimakan rayap. Cerita itu pun dibagikannya ke media sosial dan telah disukai oleh 2,7 ribu orang dan dibagikan sebanyak 2,6 ribu orang. (jp)

 

 

Sumber: jawapos.com

  • Dipublish : 23 Agustus 2019
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami