Dikabarkan Meninggal, Kim Jong Un Muncul Lewat Sebuah Surat

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

JaringanMedia.co.id – Rumor kematian pemimpin Korea Utara Kim Jong Un masih terus bergulir. Kondisi dan keberadaan Kim Jong Un pun masih menjadi misteri. Dalam upaya terbaru untuk menghilangkan rumor tentang Kim Jong Un, media pemerintah Korea Utara pada Senin (27/4) justru menerbitkan surat dari pemimpin Kerajaan Hermit atau Kerajaan Pertapa itu. Surat itu berisi Kim Jong Un memberi selamat kepada Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa pada Hari Kemerdekaan.

Korea Central News Agency melaporkan bahwa surat itu tertanggal 27 April 2020 seperti laporan CNN. Meski begitu belum ada konfirmasi untuk memastikan keasliannya seperti dilansir dari New York Post, Selasa (28/4).

Dalam pesan yang ditujukan kepada Ramaphosa yang merujuk hari libur yang dirayakan di Afrika Selatan pada Senin (27/4), Kim menyatakan bahwa persahabatan kedua negara akan terus dipupuk. Publikasi surat itu datang ketika Korea Selatan percaya Kim masih hidup dan sehat.

Sang diktator dalam beberapa hari terakhir menjadi spekulasi bahwa dia telah meninggal atau dalam kondisi parah seperti koma atau keadaan vegetatif.

Situs web pemantauan AS 38 North telah melaporkan sesuai citra satelit ada potret kereta pribadi Kim Jong Un yang diparkir di sebuah stasiun di kompleks Wonsan sejak 21 April. Tapi, Korea Selatan yakin Kim sudah di sana sejak 13 April.

Pertanyaan tentang kesehatannya muncul setelah dia melewatkan peringatan ulang tahun ke-108 kakeknya, pendiri Kerajaan Hermit, Kim Il Sung, pada 15 April. Rumor lain mengatakan bahwa dia bersembunyi setelah salah satu pengawalnya dicurigai terinfeksi Covid-19.

Pada Minggu (26/4), penasihat Presiden Korea Selatan, Moon Chung-in mengatakan kepada CNN bahwa Kim masih hidup dan sehat dan telah tinggal di daerah Wonsan sejak 13 April. “Sejauh ini tidak ada gerakan mencurigakan yang terdeteksi,” tambah Moon.

Sebuah laporan dari Daily NK yang berbasis di Korea Selatan mengatakan Kim dilaporkan menjalani prosedur kardiovaskular karena perokok berat dan obesitas serta terlalu banyak bekerja. Sejak itu dilaporkam bahwa Kim sedang menjalani perawatan di sebuah villa di Kabupaten Hyangsan, utara Pyongyang. (jp)

  • Dipublish : 29 April 2020
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami