Dinkes Lakukan Pembinaan Petugas Puskesmas yang Lalai

Ilustrasi: Pixabay
Ilustrasi: Pixabay
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

CILACAP – Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap melakukan pembinaan kepada petugas kesehatan Puskesmas Kawunganten yang diduga melakukan kelalaian dalam penangan sehingga mengakibatkan kematian bayi.

“Hari ini mulai dibina di Dinas Kesehatan Cilacap,” kata Kepala Dinas Kesehatan Cilacap, dr Ptamesti Giriana Dewi seperti dikutip dari Radar Banyumas (Fajar Indonesia Network Grup), Rabu (30/9).

Pramesti mengatakan, pihaknya hanya memberikan pembinaan kepada petugas kesehatan tersebut. Untuk langkah selanjutnya, menunggu keputusan dari Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Cilacap serta Bupati Cilacap.

Sebelumnya, warga Cilacap mencurahkan perasaannya di media sosial pada hari Sabtu (27/9). Dalam isi cuitan tersebut menjelaskan bahwa kakak perempuannya melahirkan di Puskesmas Kawunganten pukul 09.30 pagi, namun saat lahir bayi tersebut tidak menangis dan warna kulit bayi dari dada ke atas berwarna biru.

Pihak keluarga menanyakan hal tersebut kepada pegawai puskesmas. Bahkan pihaknya melaporkan sebanyak tiga kali. Namun sayangnya, tidak ada respon dari pihak puskesmas hingga pukul 15.30 WIB.

Petugas baru merespon pada pukul 16.00 WIB, yang merupakan petugas shif baru. Dan dimulut bayi ada cairan lendir yang harus disedot tapi tidak ada satupun yang memperhatikan sehingga kakak dan mertua kakaknya membersihkan sendiri.

Bayi tersebut sempat dirujuk ke RSI, dan baru berangkat sekitar pukul 17.00 WIB lebih. Ketika di RSI, dinyatakan jika laporan Puskesmas tidak sesuai dengan keadaan bayi. Petugas tetap melakukan penanganan namun sayangnya bayi tersebut tidak bisa terselamatkan. (ray/fin)

  • Dipublish : 1 Oktober 2020
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami