Disegani Dunia, Ini Kemampuan Satuan Tempur Kopaskhas TNI AU

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Jaringanmedia.co.id – Masih ada pasukan khusus milik TNI yang bisa dikata disegani dunia. Salah satunya adalah Korps Pasukan Khas (Kopaskhas). Pasukan ini adalah militer dari angkatan udara atau TNI AU.

Soal kekuatan, negara lain tak bisa pandang sebelah mata. Dari akun terferivikasi Kementerian Pertahana RI, Kopaskhas merupakan satuan tempur darat yang berkemampuan tiga matra.

Tiga matra itu yakni darat, laut, dan udara. Setiap prajurit Kopaskhas, diwajibkan minimal memiliki kualifikasi para-komando (Parako) yang dapat melaksanakan tugas secara profesional.

Lalu ditambah dengan pasukan khusus kematraudaraan sesuai spesialisasinya. Kopaskhas juga tak hanya mampu menjaga langit Negara Kesatuan Indonesia (NKRI).

Prajurit ini juga mampu menangani medan sangat berat di daratan. Seperti rawa, hutan, sungai, bahkan laut. Jumlah personel pasukan ini sangat dirahasiakan negara. Namun yang pasti, jumlahnya tak bisa dianggap remeh musuh.

Dikutip dari Antara, Kopaskhas mampu melakukan Pokok OP3U (Operasi Perebutan dan Pengendalian Pangkalan Udara) seperti sabotase radar, ISR (UAV Mini Orbiter), simulasi OULD 2 Pesawat Tucano Penembakan Straffing satu kali. (fajar/jm)

  • Dipublish : 18 Oktober 2021
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami