Dorong Pertumbuhan Ekonomi Nasional, PT Pelindo I hingga IV Bergabung

Ilustrasi ekspansi bisnis dan integrasi ekosistem pelabuhan kelas dunia pada tahun mendatang. (ISTIMEWA)
Ilustrasi ekspansi bisnis dan integrasi ekosistem pelabuhan kelas dunia pada tahun mendatang. (ISTIMEWA)
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

JaringanMedia.co.id – Merger PT Pelindo I, II, III, dan IV semakin matang. Rencananya, merger empat BUMN yang memiliki lini bisnis sama itu rampung akhir 2021.

Fase pertama merger itu akan berfokus pada transisi penyelarasan bisnis dan integrasi. Setelah itu, berlanjut dengan ekspansi bisnis dan integrasi ekosistem pelabuhan kelas dunia pada tahun mendatang.

Direktur Utama PT Pelindo III Boy Robyanto menyebutkan, salah satu tujuan integrasi adalah mendorong pertumbuhan ekonomi nasional. Tim integrasi dan pemerintah telah membahas operasional perusahaan pascamerger. Ada empat klaster bisnis yang bakal dibentuk. Yakni, peti kemas, non-peti kemas, logistik dan hinterland development, serta klaster marine, equipment, sekaligus port services.

Boy menegaskan, pengiriman barang via kapal akan lebih efektif karena konektivitas antarpelabuhan dan wilayah di Indonesia. ’’Ini akan berdampak pada penurunan biaya logistik secara bertahap,’’ ujarnya. Dengan integrasi, kinerja operasional di pelabuhan bakal terpacu, investasi usaha meningkat, dan menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat.

Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo (Tiko) pun memberikan paparan dalam rapat kerja bersama DPR RI pada 30 Juni lalu. Menurut dia, integrasi pelabuhan menjadi keharusan. Pasalnya, Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia. Perencanaan dan alur barang harus lebih integratif dan efisien. Selain itu, Indonesia masih sulit bersaing secara global karena skala yang dimiliki masih terpecah menjadi empat region.

  • Dipublish : 21 Juli 2021
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami