DPR Minta Masyarakat Terima 238 WNI yang Telah Diobservasi

MENUJU KARANTINA: WNI yang dievakuasi dari Wuhan disemprot cairan disinfektan saat turun dari pesawat di Bandara Hang Nadim, Batam, Minggu (2/2). (Indonesian Foreign Ministry via AP)
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

JAKARTA,- Sebanyak 238 warga negara Indonesia (WNI) telah selesai menjalani observasi atau karantina di Natuna. Mereka pun akan dikembalikan ke keluarganya, hari ini, Sabtu (15/2).

‎Anggota Komisi IX DPR, Saleh Partaonan Daulay mengimbau masyarakat supaya bisa menerima 238 WNI yang baru saja menjalani observasi di Natuna. “Kami mengimbau agar masyarakat menerima WNI asal Wuhan ini dengan baik,” ujar Saleh kepada wartawan, Sabtu (15/2).

Politikus Partai Amanat Nasional (PAN) itu menambahkan, semua WNI yang menjalani observasi telah dinyatakan sehat. Sehingga, masyarakat tidak perlu khawatir akan tertular virus korona.

“Sebab, faktanya mereka ini adalah orang-orang sehat. Karena itu, mereka tidak ada halangan untuk berbaur kembali dengan masyarakat,” katanya.

Selain itu, Komisi IX DPR juga akan menyambut kembalinya 238 masyarakat yang telah menjalani karantina tersebut. Nantinya komisi yang membidangi kesehatan itu juga akan ikut serta penyambutan mereka di Lanud Halim Perdanakusuma.

“Kami akan menyambut kedatangan WNI yang telah menjalani masa observasi di Natuna ini,” ungkapnya.

Diketahui ‎238 WNI yang telah selesai menjalani observasi di Natuna akan diterbangkan menggunakan pesawat TNI Angkatan Udara (AU) ke bandara di Jakarta. Setelah itu, peserta observasi dapat melanjutkan perjalanannya menggunakan pesawat komersil ke daerahnya masing-masing. Seluruh biaya kepulangan ditanggung oleh negara.

Dilansir dari situs resmi World Health Organization‎ (WHO), virus korona merupakan keluarga besar virus yang menyebabkan penyakit flu biasa hingga penyakit yang lebih parah seperti MERS dan SARS. Berdasarkan informasi, virus korona biasa ditemukan pada banyak spesies hewan seperti unta dan kelelawar. Namun, virus ini bisa berevolusi dan menular ke manusia. (jp/jm)

  • Dipublish : 15 Februari 2020
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami