DPR Persilakan Pemerintah Potong Anggaran Infrastruktur dan BLU

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

JAKARTA – Upaya untuk penanggulangan pandemi covid-19 membutuhkan anggaran yang tidak sedikit. Buktinya pemerintah pun terpaksa menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) No 1 Tahun 2020.

Meski Perppu tersebut menimbulkan pro dan kontra, anggota Badan Anggaran DPR Kardaya Warnika mempersilakan memotong anggaran infrastruktur dan badan layanan umum (BLU). “Pemotongan itu semata-mata untuk penanganan dampak korona yang sudah mewabah,” ujar Kardaya Warnika kepada JawaPos.com, Jumat (24/4).

Kardaya Warnika mengatakan, sebetulnya anggota DPR belum menerima angka resmi dari perubahan anggaran sebagaimana yang dimaksud dalam Perppu No 1 Tahun 2020.

“Kita mendukung program pemerintah yang fokus dan merealokasi anggaran untuk penanggulangan, penanganan, dan pencegahan penyebaran covid-19. Untuk keselamatan nyawa rakyat kami mendukung penuh,” imbuhnya.

Dalam pemotongan anggaran, imbuhnya, lebih pada anggaran yang tidak memiliki urgensi yang tinggi terhadap penanganan dan penanggulangan Pandemi Covid-19.

Kardaya mempersilakan pemerintah untuk memotong anggaran yang besar-besar dan tidak berhubungan langsung serta tidak memiliki urgensi yang tinggi. Selain infrastrktur, anggaran BLU pun dapat dioptimalkan dalam penanganan bencana Covid-19.

Salah satu anggaran BLU yang disorot Kardaya Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI). “Dana yang dikelola BAKTI dapat dipergunakan oleh Kementerian Keuangan terlebih dahulu untuk penanganan COVID-19,” terang Kardaya.

Sebagaimana diketahui, BAKTI menggelola dana USO sebesar Rp 3,2 triliun. Dana tersebut bakal akan digunakan untuk Proyek Satelit Multifungsi (SMF) SATRIA. Sementara proyek tersebut diperkirakan menelan dana investasi tidak kurang dari Rp 21 triliun. (jp)

  • Dipublish : 24 April 2020
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami