Duka Menyelimuti Keluarga Besar Bupati Gowa

fajar.co.id
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

SUNGGUMINASA– kabar duka menyelimuti keluarga besar Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan. Ayahanda, Ichsan Yasin Limpo meninggal dunia Selasa, 30 Juli, pukul 07.30 wita waktu Tokyo.

Hal itu semakin diperkuat, dengan status anak bungsu IYL lewat instagram pribadinya, Hauzanabhanichsan.

“Ternyata yang dijalani adalah pilihannya. Kami berdoa semoga kita semua dalam lindungannya dan bertemu di surga kelak, amin ya rabbal alamin. Selamat jalan papaku tercinta. Tidak ada yang bisa mewakilimu biar sedikitpun,” tulisnya.

Para kerabat pun tak henti-hentinya mengucapkan belasungkawa atas meninggalnya Bupati Gowa dua periode tersebut. Untuk saat ini, jenazah IYL masih berada di Jepang, para keluarga masih berunding untuk kepulangannya.

“Menurut karo humas provinsi, ada kemungkinan besok siang atau sore akan tiba, untuk sementara kediaman IYL di Hertasning dilakukan zikir bersama,” ujar Kepala Dinas Perkimtan Gowa, Abdullah Sirajuddin.

Mantan Bupati Kabupaten Gowa dua periode itu sempat dirawat di salah satu rumah sakit di Singapura, sebelum dirujuk ke di Rumah Sakit Juntendo, Kota Tokyo, Jepang. Namun, setelah dirawat beberapa pekan, dia meninggal dunia.

Ichsan diketahui menderita sakit paru-paru. IYL adalah salah satu tokoh politik yang dikenal peduli terhadap dunia pendidikan. Atas dedikasinya di bidang pendidikan itu, dia juga dikenal sebagai pelopor pendidikan gratis Gowa dan Sulsel secara umum.

IYL memulai karier politiknya di berbagai organisasi mahasiswa seperti Himpunan Mahawiswa Islam (HMI), Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), organisasi kepemudaan, organisasi masyarakat dan organisasi politik.

Petualangan politiknya berawal saat ia sukses duduk di DPRD Sulsel pada periode 1999-2004 dan 2004-2005. Kemudian dilanjutkan dengan mampu keluar sebagai pemenang dalam pesta demokrasi di Kabupaten Gowa yang mengantarnya sebagai Bupati Gowa Periode 2005-2010 dilanjutkan 2010-2015.

Sepuluh tahun masa jabatannya di Gowa, Ichsan Yasin Limpo, sukses besar membangun sumber daya manusia (SDM) di daerahnya. Hal itu berawal dari keberaniannya membuat kebijakan di sektor pendidikan.

Di awal masa jabatannya sebagai bupati pada 2005, Ichsan berani keluar dalam zona nyaman sebagai kepala daerah dengan memfokuskan alokasi APBD Kabupaten Gowa di sektor pendidikan. Ia memulai dengan mencanangkan program pendidikan gratis untuk tingkat pendidikan dasar.(ica)

Sumber: fajar.co.id

  • Dipublish : 30 Juli 2019
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami