Dukung IKN, TNI Mulai Bahas Pergeseran Markas

KSAD Jenderal Andika Perkasa saat  menjalani uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) dengan komisi I DPR RI di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Sabtu (6/11/2021). Presiden Joko Widodo mengusulkan calon tunggal KSAD Andika Perkasa sebagai calon Panglima TNI. Jenderal Andika akan menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto yang pensiun pada bulan ini. Foto: Dery Ridwansah/ JawaPos.com
KSAD Jenderal Andika Perkasa saat menjalani uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) dengan komisi I DPR RI di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Sabtu (6/11/2021). Presiden Joko Widodo mengusulkan calon tunggal KSAD Andika Perkasa sebagai calon Panglima TNI. Jenderal Andika akan menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto yang pensiun pada bulan ini. Foto: Dery Ridwansah/ JawaPos.com
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Jaringanmedia.co.id ‒ TNI menyatakan mulai membahas rencana pemindahan sejumlah markas ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Mereka akan membangun sarana dan prasarana serta mempersiapkan personel di IKN Nusantara sesuai dengan rencana dan anggaran dari pemerintah.

”Sudah dirapatkan antara asrena (asisten perencanaan) TNI maupun asrena angkatan tentang berapa wilayah yang akan disiapkan untuk kami,” jelas Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono di sela Rapat Pimpinan TNI-Polri 2022 di Mabes TNI, Jakarta Timur, kemarin (1/3).

Yudo mewakili Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa yang tidak bisa hadir lantaran terpapar Covid-19. ”Kami menyiapkan sarana dan prasarana yang ada dan rencana-rencana yang akan kami geser ke sana. Namun tentu demikian, TNI juga menyesuaikan langkah dengan pemerintah,” katanya.

TNI merespons permintaan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang disampaikan dalam kesempatan yang sama. Jokowi meminta TNI-Polri mendukung penuh pemindahan ibu kota ke Nusantara yang berada di Kalimantan Timur.

”Kita ingin yang namanya pemerataan. Bukan Jawa-sentris. Tapi, Indonesia-sentris,” kata Jokowi.

Jokowi menegaskan bahwa pemindahan IKN ke Nusantara juga sudah mendapat persetujuan DPR. Untuk itu, Jokowi ingin TNI dan Polri memberikan dukungan penuh. ”Saya minta jajaran TNI dan Polri untuk bisa memberikan contoh kepada masyarakat urusan yang satu ini,” ujarnya.

Sementara itu, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memberikan penegasan akan mendukung pemulihan ekonomi dan kebijakan nasional 2022. Itu, lanjut dia, sesuai arahan dari Presiden Jokowi bahwa TNI dan Polri harus menindaklanjuti dan mengawal kebijakan nasional. ’’Serta upaya untuk penanganan pandemi Covid-19,’’ terangnya.

Dalam kesempatan itu, Jokowi menyampaikan bahwa ketidakpastian global menjadi tantangan baru. Selain revolusi industri 4.0, pandemi Covid-19 dan isu lain seperti perang di Ukraina turut berpengaruh. Karena itu, dia meminta TNI dan Polri turut memperhatikan perkembangan tersebut. (jpc/jm)

  • Dipublish : 2 Maret 2022
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami