Dunia Diserang Virus Korona, Donald Trump: Very, Very Ready!

Donald Trump mengatakan negaranya siap menghadapi virus korona. (AFP)
Donald Trump mengatakan negaranya siap menghadapi virus korona. (AFP)
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

Jumlah infeksi pasien coronavirus jenis baru semakin menyebar di luar Tiongkok. Seperti di Eropa, Timur Tengah, dan juga Amerika. Penyakit ini juga terdeteksi untuk pertama kalinya di Brasil, Pakistan, Swedia, Norwegia, Yunani, Rumania, dan Aljazair.

Di Amerika Serikat, otoritas kesehatan setempat sudah menangani 59 kasus. Kebanyakan orang Amerika Serikat yang terinfeksi itu karena dipulangkan dari kapal pesiar Diamond Princess yang dikarantina di Jepang. Presiden Donald Trump berusaha menenangkan kekhawatiran.

AS very, very ready (sangat, sangat siap),” katanya dalam siaran langsung seperti dikutip dari Aljazeera, Kamis (27/2).

Trump menegaskan AS siap untuk menghadapi ancaman virus. Wakil Presiden Mike Pence akan bertanggung jawab atas respons nasional.

Kasus Coronavirus di AS salah satunya terjadi kasus baru di California. Dan pejabat kesehatan setempat memastikan kemungkinan virus itu bisa menyebar di sebuah komunitas di negara itu. Pejabat California mengatakan pasien itu adalah penduduk Solano County, timur laut San Francisco, dan mendapatkan perawatan medis di Sacramento County.

Lalu bagaimana sejauh ini perkembangan virus itu di berbagai negara?

India

India mengevakuasi warga negaranya dari Wuhan, Tiongkok. Sebuah penerbangan evakuasi membawa 76 warga negara India serta sejumlah warga asing dari Wuhan dan tiba kembali di India pada hari Kamis (27/2).

Tiongkok

Tiongkok menyelidiki pelepasan tahanan yang terinfeksi virus Korona di Hubei. Tiongkok telah mengirim tim investigasi ke Wuhan setelah ada laporan bahwa sebuah penjara membebaskan seorang tahanan yang terinfeksi. Kemudian berhasil melakukan perjalanan ke Beijing.

Sebuah tim yang dipimpin oleh Kementerian Kehakiman, Mahkamah Agung, dan Kementerian Keamanan Publik akan menyelidiki insiden tersebut. Laporan media mengatakan seorang napi yang terinfeksi dibebaskan dari penjara perempuan di Wuhan setelah menyelesaikan hukumannya. Anggota keluarga kemudian mengantarnya ke Beijing.

Taiwan

Taiwan meningkatkan tingkat respons dan kewaspadaan atas epidemi ke level tertinggi di tengah kekhawatiran virus Korona. Kantor Berita Pusat Taiwan mengatakan Perdana Menteri Su Tseng-chang mengumumkan keputusan itu dalam pertemuan kabinet pada hari Kamis (27/2). Taiwan telah mencatat 32 kasus virus Korona dan satu kasus kematian.

Jepang

Perempuan di Jepang dikonfirmasi kena Coronavirus untuk kedua kalinya. Seorang perempuan yang bekerja sebagai pemandu bus wisata di Jepang positif virus korona untuk kedua kalinya. Tes positif kedua datang ketika jumlah kasus di Jepang naik menjadi 186 pada hari Kamis (27/2).

Korea Selatan

Korea Selatan melaporkan kematian ke-13 akibat Coronavirus Walikota Daegu, kota di pusat wabah koronavirus Korea Selatan, mengatakan orang ke-13 telah meninggal akibat infeksi pada hari Kamis (27/2). Korea Selatan melaporkan 334 kasus virus Korona tambahan, sehingga total menjadi 1.595 Korea Selatan melaporkan 334 kasus tambahan dari virus Korona baru pada hari Kamis (27/2), maka itu meningkatkan jumlah kasus menjadi 1.595 orang.

Arab Saudi

Arab Saudi sudah melarang para calon jamaah umrah untuk memasuki wilayahnya. Hal itu khususnya berlaku bagi negara-negara terdampak. (jp)

  • Dipublish : 27 Februari 2020
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami